MENURUNKAN angka Stunting, Puskesmas Kresek di wilayah kerjanya Kecamatan Kresek menggalang kerja-sama dengan Univerditas Yarsi dan Kalbe Farma menggelar Penyuluhan Nutrisi Bagi 80 Ibu Hamil (Bumil).
Para bumil ini dibagi menjadi dua sesi penyuluhan yang digelar di  Pustu (Puskesmas Pembantu) Desa Kemuning. Setelah itu, mereka masing-masing mendapatkan Susu Nutrisi sebanyak 4 paket sebagai Trimester Awal.
Adapun materi penyuluhannya berkisar pengenalan Transfer Awal Mengenai Pencegahan Stunting, ANC (Anternatal Care) atau perawatan ibu dan janin selama masa kehamilan, PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), IMD (Inisial Menyusui Dini) dan ASIX (ASI Eksklusif).
Acara ini dihadiri Kepala Puskesmas Kresek, Supervisor Kalbe Wilker Kabupaten Tangerang, Para DPJP dari Kalbe, para dokter muda dan Dosen Pembimbing Universitas Yarsi, Pemegang Program Kesling Gizi Masyarakat dan Promkes.
Kepala Puskesmas Kresek, dr Deny, kemarin, mengutarakan kegiatan ini sebagai pelaksaan Program Percepatan Penurunan Stunting Pada Ibu Hamil, yang berkaitan dengan Perbub Tangerang No 16 Tahun 2020.
"Saya ucapkan terima-kasih kepada Perusahaan Kalbe dan para dokter muda Universitas Yarsi yang telah membantu kegiatan ini. Semoga kerja-sama ini bisa terus berkesinambungan," katanya.
"Harapan kami, para bumil ini bisa terus dimonitoring dan dikontrol oleh Perusahaan Kalbe dan Universitas Yasri terkait status gizinya agar dapat terhindar dari Stunting," tambahnya.
Head of Kalbe Nutritionalis Research Center PT Kalbe Farma, dr Iwan Sujadi Handoko, menjelaskan Stunting terjadi karena kekurangan Nutrisi yang berulang atau berkepanjangan sehingga bisa disebut Sindrom atau kumpulan gejala, bukan penyakit.
Malnutrisi pada bayi sendiri bisa terjadi sejak dalam masa kandungan. Dalam hal ini, si ibu mengalami kekurangan gizi atau asupan Nutrisi. Selain itu pola makan tidak baik mengakibatkan ibu sering sakit flu, batuk dan diare sehingga penyerapan makanan pada bayi menjadi kurang baik, ucapnya.
10-Nov-2022
10-Nov-2022
10-Nov-2022
09-Nov-2022
09-Nov-2022
09-Nov-2022
09-Nov-2022
08-Nov-2022
08-Nov-2022
08-Nov-2022

source