BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN – Kerusakan Jalan Pelita Makmur di Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala ( Batola), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah terbilang parah di beberapa tahun terakhir. 
Meski masih bisa akses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun pengendara harus ekstra hati-hati di jalan rusak ini. Karena, banyak lubang dan kubangan air yang menghiasi jalur sepanjang 2 kilometer tersebut. 
“Ya memang masih bisa dilewati, tapi memprihatinkan. Terlebih lagi kalau membawa orang untuk berobat atau mau akad nikah ke KUA,” ungkap Erna, warga yang tinggal di Jalan Pelita Makmur, Barambai, Kabupaten Batola
Tidak jarang, ucap warga yang kesehariannya berjualan ini, mempelai wanita dengan pakaian bersih harus turun dari sepeda motor berjalan kaki, hanya untuk melewati jalan rusak yang juga sangat becek
Baca juga: Perempuan Ini Diduga Pengedar Sabu, Anggota Polres Tanah Bumbu Kalsel Amankan 13 Paket
Baca juga: Batal Dipindah ke Banjarmasin, Mardani H Maming Tetap Ditahan di Pomdam Jaya Jakarta
Selain itu, kondisi serupa juga tak kalah menyedihkan jika orang yang ingin melahirkan atau berobat harus terombang-ambing saat menuju Puskesmas yang ada di jalur tersebut.
Menurutnya, tidak kurang dari 6 atau 7 tahun terakhir jalan ini belum pernah diperbaiki secara signifikan. 
Perbaikan pada jalan rusak tersebut hanya menimbun bagian atas. Namun tidak bertahan lama, kondisinya rusak lagi.
Itu pun juga sering dilakukan oleh pemilik armada yang biasa lewat di kawasan tersebut untuk mempermudah akses mereka membawa muatan. 
Baca juga: Pengakuan Ismail Bolong Tentang Setoran Tambang Ilegal, Mengaku Diintimidasi Saat Buat Pernyataan
Baca juga: Viral Pengakuan Ismail Bolong Setoran Tambang Ilegal, Nama Kabareskrim Mabes Polri Turut Terseret
Sebagaimana diketahui, Jalan Pelita Makmur terbilang vital perannya bagi masyarakat. Karena di kawasan tersebut berdiri sejumlah fasilitas umum yang selalu jadi tujuan warga. 
Di antaranya, Kantor Urusan Agama (KUA) Barambai, Puskesmas Barambai, Kantor Camat, Sekolah, hingga menjadi jalur alternatif warga untuk memotong jarak menuju kawasan sekitar yang berbatasan sungai. 
 
Kondisi jalan rusak yang memprihatinkan ini pun tak ditampik Camat Barambai, Nur Wahyudi. Harapan perbaikan jalan secara menyeluruh juga sangat diimpikan masyarakat. 
“Jalan tersebut statusnya memang Jalan Kabupaten. Kita juga sudah mengajukan perbaikan, namun nampaknya di 2023 ini masih urung terealisasi,” ucap Nur Wahyudi memberikan keterangan. 
Baca juga: Petugas Satpol PP Amankan 20 Dus Minuman Beralkohol di Sompul Satui Kabupaten Tanah Bumbu
Baca juga: Dua Bulan Buron, Pembobol Toko Ponsel di Batola Kalsel Dibekuk Unit Reskrim Polsek Alalak
Sementara itu, disampaikan Edi Supriyadi, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Batola, perbaikan Jalan Pelita Makmur memang kembali diusulkan pada 2023. 
“Kami sudah programkan dan tinggal menunggu di 2023. Semoga, dana anggaran dari APBD bisa mengakomodasi  pekerjaan tersebut,” ujarnya saat dikonfirmasi. 
(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

source