Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menghadiri acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2022. Pada kesempatan tersebut, ia mengajak anak-anak muda untuk ikut memerangi kasus stunting di masyarakat.
Diketahui, acara tersebut digelar di Auditorium Sukarno, UPT Perpustakaan Bung Karno, Kota Blitar, Jawa Timur. Pemilihan Duta GenRe pada Minggu (30/10) ini dibagi menjadi beberapa pemenang atau kategori. Di antaranya kategori motivator, sosial media inspirator dan pemenang kategori umum. Sedangkan untuk para juara, nantinya akan mewakili Kabupaten Blitar ke tingkat nasional.
Rahmat memberikan apresiasi atas terselenggaranya Pemilihan Duta GenRe. Dia juga memberikan dukungan penuh terhadap program Bangga Kencana untuk menekan angka stunting.
“Saya berharap dengan adanya Duta GenRe mampu memberikan kontribusi terhadap penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Blitar. Dan nantinya Duta Genre ini, diharapkan dapat memberikan informasi tentang perkawinan anak usia muda,” kata Wabup yang akrab dipanggil Makdhe Rahmat ini dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11/2022).
Rahmad menyebut pembinaan ketahanan remaja melalui GenRe diperlukan. Khususnya dalam membantu percepatan penurunan stunting melalui penghapusan perkawinan anak dan kehamilan pada remaja.
“Remaja sangat dipengaruhi oleh teman sebayanya. Adapun kegiatan pemberdayaan teman sebaya diwadahi melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) dengan Pendidik atau Konselor sebaya yang berfungsi antara lain, berbagi informasi, melakukan konseling, melakukan rujukan, dan melakukan aktivitas positif dan kreatif,” tukasnya.

source