MEMPERCEPAT penurunan Anemia di kalangan remaja putri di wilayah kerjanya, kini Puskesmas Pasar Kemis menggelar program berinovasi baru yang diberi nama "Bu Ceri Merah" (Rabu Ceria Minum Tablet Tambah Darah).
Program ini dilaksanakan di setiap Hari Rabu bagi pelajar putri di lingkungan SMP-SMP, SMA-SMA dan sederajat, yang ada di wilayah kerja puskesmas itu di wilayah Kecamatan Pasar Kemis.
Kepala Puskesmas Pasar Kemis, dr Hj Salwah, kemarin, mengutarakan pelaksanaan program ini hasil kerja-sama yang dilakukan Puskesmas Pasar Kemis dengan SMP-SMP dan SMA-SMA yang ada di wilayah kerjanya.
"Kita pun membentuk Grup Whatsapp Bu Ceri Merah dengan Pembina UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah)," katanya.
Dijelaskan dr Hj Salwah bahwa kegiatan meminum tablet tambah darah merupakan tindak-lanjut dari aksi bergizi dalam rangka penurunan Anemia pada remaja putri berusia 12-18 tahun, khususnya bagi remaja putri di wilayah kerja puskesmasnya.
"Kegiatan inipun untuk memastikan para ramaja putri di wilayah ini patuh mengkonsumsi tablet tambah darah di setiap Hari Rabu," ungkapnya.
Tujuan akhir dari pelaksanaan program ini adalah untuk mencegah Anemia di kalangan para remaja putri Pasar Kemis. Sebab bila terkena Amenia, maka para remaja putri akan mengalami kekurangan gairah, mengantuk, dan tidak semangat belajar.
"Bila hal itu terjadi maka bisa menghambat prestasi belajar-mengajar remaja putri. Selain itu,  pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan para remaja putri sebelum menjadi seorang ibu nantinya," pungkas dr Hj Salwah.
06-Nov-2022
06-Nov-2022
05-Nov-2022
04-Nov-2022
04-Nov-2022
04-Nov-2022
04-Nov-2022
03-Nov-2022
03-Nov-2022
03-Nov-2022

source