BANJARNEGARA – Titin Waisah, kader Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) UPTD Puskesmas Wanayasa 2 meraih juara kader posyandu terbaik tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2022 yang diselenggarakan di Pendopo Dipayuda Adhi Graha Banjarnegara, Sabtu (29/10/2022).
Selain Titin, untuk juara dua di raih oleh Bernadete Eko Rahayuningsih UPTD Puskesmas Karangkobar dan jura ketiga diraih oleh Eka Giantini dari UPTD Puskesmas Punggelan 1.
Penyerahan tropi dan hadiah oleh Sekretaris Darah Kaupaten Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjarnegara, Lucia Utariningsih Tri Harso.
Dalam sambutannya Lucia mengatakan bahwa sebagai wujud perhatian dan rasa terima kasih kepada seluruh kader posyandu di kabupaten Banjarnegara pemerintah kabupaten memberikan apresiasi kepada kader posyandu yang telah berkreasi dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan melalui Pemilihan Kader Kesehatan Terbaik Tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2022.
“Kader posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela,” jelasnya.
Lebih Lanjut Lucia menyampaikan bahwa Posyandu sekarang merupakan salah satu lembaga masyarakat Desa, berdasar pada Permendagri Nomor 18 tahun 2018 yang diatur pada Bab 2 bagian 3 pasal 6, di samping lembaga kemasyarkatan desa/ kelurahan yang lain yaitu RT, RW, Karang Taruna, PKK dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.
“Bangga sebagai kader, untuk terus bekerja membangun desa. Saya doakan semoga jerih lelah sebagai kader akan mendaptkan pahala yang melimpah, anak anak sukses menjadi generasi penerus yang sehat, produktif secara ekonomi maupun sosial,” imbuhnya.
Sementra itu Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara melalui Kabid Kesehatan Masyarkakat dr. Sulistiyowati, M.Kes mengatakan kegiatan pemilihan kader posyandu terbaik tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2022 ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Banjarnegara kepada seluruh kader posyandu.
Kegiatan pemilihan kader posyandu ini diikuti oleh 35 kader posyandu perwakilan dari 20 kecamatan, katanya
Di Banjarnegara terdapat 1.578 posyandu balita dan 8003 kader posyandu, jumlah yang besar dan setrategis dalam mendukung program program kesehatan dan program lainya di tingkat desa dan kelurahan.
Menurutnya, Posyandu sebagai lembaga kemasyarkatan desa yang merupakan mitra kerja pmerintahan desa dan kelurahan. Sebagimana fungsi posyandu adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat oleh karena itu posyandu harus berkualis dari segi kecukupan sumberdaya manusia, infrasruktur anggaran serta sarana dan prasrana serta penguatan kelembagaan. (bgs)
Nov 10, 2022
Upaca bendera memperingati Hari Pahlawan tahun 2022 tingkat Kabupaten Banjarnegara berlangsung khidmat di halaman…
Nov 9, 2022
TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 di di Desa Badakarya, Kecamatan Punggelan, resmi ditutup dengan pencapaian target…
Nov 8, 2022
BANJARNEGARA – Dalam upaya memperbaiki mutu pendidikan, Pemkab Banjarnegara mengadakan Diskusi Terpimpin Implementasi…
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *







source