Mengawal NKRI Dari Papua

Simak Video Dibawah Ini :

MANOKWARI, gardapapua.com — Inovasi Sistem Informasi Administrasi Kampung (Si Kampung), gagasan dari Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Provinsi Papua Barat, berhasil meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Kluster Tingkat Provinsi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022.
Selain DPMK Papua Barat, turut serta mewakili jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022 ini, yakni Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua Barat.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Papua Barat, Lince Idorway,SH, MM, saat diwawancarai oleh gardapapua.com, diruang kerjanya pada Rabu (12/10/2022), membenarkan hal tersebut.
Bahkan dikatakannya, capaian itu menjadi motivasi baginya. Dia berharap agar inovasi SiKampung yang digagas sejak tahun 2020 lalu itu, dapat dikembangkan lebih jauh. sehingga kebermanfaatannya akan terasa semakin luas dan bisa dipergunakan guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat kampung.
“Ada beberapa hal yang terus kami bemahi agar program aplikasi SiKampung ini bisa digunakan dengan baik. Juga kedepan akan mengikuti ketentuan dan kriteria yang nantinya akan terkoordinasi dengan biro organisasi setda papua barat untuk kita nantinya bisa melangkah maju pada lomba inovasi ditingkat nasional,”Paparnya
Lince menerangkan, jika Inovasi SiKampung bukti bahwa pihaknya hadir untuk bisa memudahkan masyarakat dan juga ASN yang ingin mendapatkan akses informasi terkait pengembangan sebuah kampung hingga di tingkat daerah terpencil sekalipun.

“Inovasi pelayanan publik ini diikut sertakan bersaing dengan 18 usulan inovasi lainnya. Inovasi tersebut dihadirkan dengan konsep ingin meningkatkan pelayanan publik terutama pada tata kelola pemerintahan kampung yang baik (Good Governance),”Ungkap Lince Idorway
Diyakini, Sikampung ini sendiri terpilih karena memiliki keunikan dimana bisa mengakomodir atau mengcover data 1.742 kampung yang ada di Provinsi Papua Barat di 12 Kabupaten / 1 Kota, 95 kelurahan dan 118 distrik.
Juga kelebihan lain dari SiKampung ini menurut Lince, untuk menampilkan rangkaian informasi pelayanan publik pada sebuah kampung, melalui beberapa fitur yang telah disediakan. Seperti fitur tentang pendidikan, kesehatan, tingkat kemiskinan hingga pada menampilkan jumlah komoditi unggulan serta promosi ekonomi kampung dapat terlihat atau ditampilkan dengan baik.
“Program inovasi Sikampung ini kedepan harapan kami, dapat diterapkan diseluruh kabupaten /kota, bahkan diharapkan dapat digunakan oleh 1.742 kampung yang ada. Karena semua persiapan dan dukungan itu sudah ada. Dimana untuk tingkat Provins sudah ada 6 user, dan ditingkat kabupaten /kota ada 13 user, dan tingkat kampung ads 1.742 user. Jadi kedepan ini akan terorganisir secara baik,” Sebutnya
Berdasarkan penghargaan yang telah diraihnya pada tahap ini, Lince kemudian menargetkan agar kedepan melalui penerapan inovasi tersebut, semakin mempermudah pelayanan publik kepada Masyarakat kampung secara terukur dan tepat sasaran.
Dimana dalam jangka panjang, penerapan inovasi SiKampung akan lebih mudah menjangkau kebutuhan informasi dari Kampung / Desa, yang bisa diakses oleh semua pihak, tentu dengan harapan agar terjadinya peningkatan sumber pendapatan dan nilai ekonomi Masyarakat Kampung, melalui metode dan program kerja yang kekinian.
Sekedar diketahui, piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Bapak Sekda Papua Barat, Drs. Nataniel D. Mandacan, M.Si, mendampimgi Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, dalam momen peringatan HUT Pemprov Papua Barat ke-23, tahun 2022, di Kompleks Perkantoran Gubernur, Arfai, Papua Barat. [Ian/Red]
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *







TELUK BINTUNI, gardapapua.com — Rangkaian acara syukuran di bulan perayaan HUT Partai Golkar ke -58 tahun di Kabupaten Teluk Bintuni,

source