PESSEL, KLIKPOSITIF – Tiang bendera di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kayu Gadang di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pessel (Pesisir Selatan) menggunakan bambu. Hal ini karena , Sumbar memprihatinkan tiang asli yang biasa digunakan roboh karena badai yang melanda daerah itu beberapa waktu lalu.
Kepala Puskesmas Kayu Gadang, Santi mengatakan, bambu tersebut hanya dipakai untuk sementara. Sebab tiang sebelumnya yang juga dari kayu roboh diterjang badai.
“Kebetulan ada badai. Patah. Maka saat ini darurat saja (pakai bambu) untuk sementara.Tonggak (tiang) bendera sudah dipesan,” katanya saat dikonfirmasi.
Ia mengatakan, kayu tersbeut digunakan karena tidak adanya anggaran puskesmas untuk tiang tersebut. 
Karena tidak ada anggaran, makanya hingga kini Puskesmas belum bisa mengadakan tiang bendera yang layak dan permanen. “Bersyukur kami bisa merehab dengan dana pribadi kami masing-masing,” terangnya. 
Bahkan tidak hanya untuk tiang bendera itu, untuk kegiatan mereka turun lapangan-pun, sampai saat ini mereka harus menggunakan dana pribadi. “Turun ke lapangan dengan dana pribadi masing-masing,”ujarnya.
Sementara itu, warga sekitar Puskesmas, Siti mengatakan, hal itu tidak layak dilihat. “Masa tiang benderanya hanya dari sebatang bambu. Hal ini menurut saya tidak sepadan atau selaras,” ungkapnya.
Ia menjelaskan, sebagai pusat pelayanan publik dari pemerintah, Puskesmas harus memiliki sarana yang memadai, apalagi hanya untuk sebuah tiang bendera.
Ia meminta, agar pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan tidak mengabaikan hal tersebut. Meski hanya tampak sepele, namun tiang itu diadakan sebagai penyanggah lambang negara.
“Kalau meminta ini harus diperhatikan. Kalau belum dianggarkan. kami sebagai warga minta Dinas Kesehatan bisa menganggarkan,” jelasnya.
 
Gedung Serba Guna Lt. II PT.Semen Padang,
Indarung – Padang, Sumatera Barat,
Indonesia
Telp. (0751) 202761, 74999,
Fax. (0751) 74999
Email: redaksiklikpositif@gmail.com

Follow Us
© 2022 Klikpositif – Media Generasi Positif by Classy Corp.

source