Pemerintah tidak mencabut PPKM untuk menghadapi perkiraan gelombang Covid19 di tahun 2023
24 Oktober 2022

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk sementara tetap tidak akan dicabut.
Terlepas dari status PPKM, Budi mengatakan pada realitasnya saat ini kehidupan sudah berjalan normal. Namun, kebijakan ini tidak dicabut untuk menghadapi perkiraan gelombang Covid-19 di tahun yang akan datang. 
“PPKM ini untuk sementara masih tetap tidak dicabut seluruhnya, karena kita masih menunggu nanti Januari – Februari 2023 apakah ada kenaikan kasus lagi atau tidak,” ucap Menkes Budi sebagaimana tertulis di siaran pers Kementerian Kesehatan pada Sabtu (22/10/2022).
Mau tahu alasan kebijakan ini tidak dicabut? Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta informasi dari Kemenkes mengenai pemberlakuan PPKM.
Yuk, disimak detailnya!
Alasan PPKM tidak dicabut karena jika nanti terjadi kenaikan kasus Covid-19 pemerintah tetap memiliki instrumen untuk bisa melakukan intervensi kesehatan di daerah-daerah.
Namun, Budi tidak memungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, PPKM tidak membatasi gerak. Masyarakat Indonesia sudah melanjutkan kehidupan dengan normal. 
"Tapi hidup kita sekarang sudah normal sekali dengan status PPKM yang ada sekarang,” ucap Menkes.
Dikatakan Menkes, PPKM adalah instrumen yang memang terbukti sangat baik untuk mengimplementasikan protokol kesehatan di daerah-daerah dengan cepat. Menurutnya, kebijakan ini bukan soal administrasi, tetapi dampak yang terbilang efektif. 
Tapi di mata kami lebih penting substansinya daripada administrasinya. Substansinya sekarang kita hidupnya sudah normal bahwa ada PPKM di sini anggap saja sebagai ‘payung’ yang nanti kalau hujan kita bisa buka lagi," ujarnya. 
Pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia dan merupakan salah satu pandemi yang paling besar dalam sejarah. Semua negara menghadapi masalah ini bersama-sama.
Maka dari itu, peran masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan melakukan vaksinasi booster bagi yang belum. Ini menjadi hal krusial dalam meredam Covid-19. 
Nah itu dia informasi terbaru mengenai pemberlakuan PPKM di Indonesia. Tetap patuh terhadap PPKM dan protokol kesehatan ya, Ma.
Baca juga: 
Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.
baca juga
Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan
Due Date Calculator
Ovulation Calculator
Baby Names Finder
Pregnancy Weight Gain Calculator
Recent Topics:

source