Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong
POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – kasus penyebaran Coronavirus atau Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur mrngalami trend naik dan saat ini Kota Waingapu Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur telah ditetapkan dalam zona merah Covid-19
Penetapan status zona merah untuk Kecamatan Kota Waingapu itu dilakukan menyusul sebaran kasus positif yang meningkat hingga 13 kasus. 
Lonjakan kasus positif Coronavirus atau Covid-19 terjadi di Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaporkan berlangsung sejak akhir Oktober. 2022 lalu.
Pada pemeriksaan yang berlangsung Jumat, 4 November 2022, dilaporkan terjadi penambahan 5 kasus terdiri dari kasus baru dari 2 sampel PCR/TCM dan 3 sampel rapid antigen. 
Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur , Tinus Ndjurumbaha dengan tambahan 5 kasus baru tersebut maka total kasus positif di Sumba Timur kini menjadi 29 kasus.
Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Kemenkes Minta Rumah Sakit Siaga
Rincian kasus masing masing terdapat di Kecamatan Kota Waingapu sebanyak 13 kasus, Kecamatan Kambera sebanyak 8 kasus, Kecamatan Pandawai sebanyak 5 kasus, Kecamatan Umalulu 2 kasus dan Kecamatan Nggoa sebanyak 1 kasus. 
Sementara itu, pada pemeriksaan yang sama, juga ditemukan 2 kasus positif yang berasal dari luar wilayah. 
Selain tambahan kasus baru, juga dilaporkan dua kasus sembuh pada hari yang sama dari Kecamatan Kota Waingapu serta 1 kasus meninggal dunia dari Kecamatan Kota Waingapu
Sebanyak 24 pasien menjalani isolasi mandiri sementara 5 pasien lain dirawat di RSUD Umbu Rara Meha.
Laporan yang sama menyebut total akumulasi kasus positif di Kabupaten Sumba Timur sejak pertama hingga Rabu menjadi 7.500 kasus, dengan 7.666 pasien dinyatakan sembuh sementara 137 orang lainnya meninggal dunia.  
Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Sumba Timur Melonjak, Tambahan 10 Kasus Baru Dalam Sehari
Angka positif rate Kabupaten Sumba Timur kini berada pada posisi 8,98 persen sementara angka kesembuhan mencapai 97,83 persen. Selain itu, angka kematian bertahan 1,79 persen. 
Pemerintah Kabupaten Sumba Timur terus menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan kasus baru. Masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan terutama di lokasi publik. (Ian) 
Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

source