TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah bersikap tegas dalam kasus gagal ginjal akut pada anak. “Pemerintah harus tegas mengambil sikap, jangan di satu sisi menghimbau, namun di sisi lain ada pernyataan dari Wakil Menteri Kesehatan bahwa penggunaan parasetamol aman,” kata Dasco, Kamis 20 Oktober 2022.
Dia mengatakan apabila penggunaan parasetamol tidak boleh diberikan kepada anak maka harus dibuat larangan, sehingga tidak sekadar imbauan.
Menurut dia, setelah ada larangan tegas maka harus diberikan alternatif obat karena kandungan parasetamol pada obat sudah menjadi kebutuhan pokok terhadap berbagai penyakit di keluarga. “Tentu ketika parasetamol tidak diperjualkan sementara, lalu ada kebutuhan akan parasetamol, punya opsi lain,” ujarnya.
Dasco menilai publik perlu diberikan informasi yang memadai terkait penyakit tersebut agar tidak seperti saat ini yaitu masyarakat mendapatkan pernyataan dan analisa dari berbagai pihak.
Namun menurut dia, dibutuhkan sebuah keputusan tegas dari pemerintah untuk memberikan alternatif obat, sambil menunggu hasil penelitian terkait penyebab kasus gagal ginjal tersebut. “Ketidaktegasan akan menimbulkan berbagai reaksi negatif dan fitnah. Maka putuskan segera, ya atau tidak, bukan himbauan apalagi perdebatan yang tidak perlu,” ucap Sufmi Dasco.

Baca: Dinkes Sumbar Catat 22 Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, 12 Berujung Kematian
Larangan ini berlaku untuk obat sirup baru dibeli atau yang masih tersimpan di rumah.
Kemenkes menyampaikan bahwa negara pemberi donasi obat gagal ginjal akut fomepizole adalah dari Jepang dari Australia.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menyebut kasus gagal ginjal akut saat ini sudah turun drastis, bahkan mendekati angka nol.
Budi menegaskan pemberian obat Fomepizole mampu memberikan kesembuhan terhadap korban gagal ginjal akut.
Enam pasien gagal ginjal akut di RS Sardjito Yogyakarta sudah sembuh, enam pasien meninggal.
Mahfud Md sebelumnya mengatakan ada beberapa stasiun televisi swasta yang masih belum melakukan migrasi dari siaran analog ke siaran digital.
Pemerintah telah membahas kasus gagal ginjal akut pada anak dengan para para pemangku kepentingan di bidang farmasi. Apa yang dibicarakan?
Kemendag membantah pernyataan Kepala BPOM Penny Lukito ihwal kewenangan mengawasi impor bahan baku obat sirup ada di kementerian tersebut.
Kemenkes menyatakan obat Fomepizole yang diberikan kepada pasien gagal ginjal akut pada anak merupakan donasi dari berbagai negara.
Kemendag buka suara soal impor bahan baku obat yang diduga menjadi penyebab maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak.

source