Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mengonsumsi kopi kini telah menjadi bagian dari tren gaya hidup kaum urban masa kini yang kerap disibukkan dengan rutinitas padat ala warga ibu kota.
Perlu diketahui, kopi merupakan minuman favorit yang dikenal karena memiliki kemampuan untuk menyempurnakan fokus dan meningkatkan tingkat energi pada tubuh anda.
Faktanya, banyak orang yang bergantung pada secangkir kopi, tepat saat mereka bangun untuk memulai aktivitas mereka setiap harinya.
Selain efek energinya, kopi telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial.
Baca juga: Anak Kopi, Yuk Kenalan dengan Program PMO Kopi Nusantara Inisiasi Kementerian BUMN!
Ini tentunya membuat anda memiliki lebih banyak alasan untuk menyeduh secangkir kopi sebelum atau saat sedang menjalani aktivitas.
Meningkatkan tingkat energi
Dikutip dari laman Healthline, Sabtu (5/11/2022), kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya dalam melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi.
Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmitter lain pada otak anda yang mengatur tingkat energi Anda, termasuk dopamin.
Satu studi kecil menemukan bahwa mengkonsumsi kafein dapat secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subjektif pada peserta.
Studi lain pun memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengkonsumsi kafein sebelum dan selama putaran golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif, dan mengurangi perasaan lelah.
Kopi terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.
Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8 persen lebih rendah.
Baca juga: Tren Pemesanan Kopi di Jakarta, Ini Rekomendasi Brand Favorit

source