Gorontalo, InfoPublik – Dinas Kesehatan Kota Gorontalo menggelar apel pencanangan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Lapangan Buladu Kecamatan Kota Barat, Sabtu (5/11/2022).
Kegiatan ini dirangkaikan dengan peluncuran imunisasi Pneumococcal Conjugate Vacxine (PCV) dan imunisasi Human Papilomavirus (HPV).
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman yang hadir mengungkapkan peringatan HKN ini bukan hanya kegiatan rutin tapi menjadi momentum untuk meningkatkan integrasi program bersama lintas sektor terkait.
“HKN ini sebagai momen memperkuat atau meningkatkan kolaborasi, baik dengan dinas kesehatan, antardinas, antarpuskesmas maupun dengan lintas sektor terkait lain bahkan dengan Forkopimda,” kata Yana Suleman.
Yana Suleman berharap dengan Bersatu dan kolaborasi elemen masyarakat bersama pemerintah dapat meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi.
“Harapan kami insyaallah ke depan masyarakat akan lebih sehat, lebih sejahtera dan tentunya pembangunan di bidang kesehatan akan mencapai tujuan yang kita inginkan,” tutur Yana Suleman.
Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat mencanangkan HKN menegaskan momentum HKN harus menjadi tonggak pulih dan bangkit kembali setelah melewati masa pandemi COVID-19.
“Peringatan ke-58 HKN kita jadikan sebagai momentum untuk bangkit kembali menjadikan masyarakat yang sehat, menjadi lebih produktif sehingga dengan demikian ekonomi kita makin bangkit,” ujar Marten Taha.
Ia berpesan agar kepada jajaran kesehatan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama fokus untuk menurunkan angka stunting dan mengurangi gizi buruk.
“Ini yang harus menjadi perhatian bagi para insan kesehatan bagaimana upaya kita lakukan, kebijakan yang telah ditentukan oleh kepala daerah melakukan tindakan dalam rangka untuk mengurangi stunting,” katanya.
Pada pencanangan HKN Kota Gorontalo diawali dengan senam bersama, jalan sehat, penyerahan alat antropometri, bantuan kepada anak stunting dan ibu hamil serta dilaksanakan berbagai lomba olahraga, ziarah ke makam insan kesehatan, pemeriksaan kesehatan massal, pelayanan KB dan edukasi kesehatan di sekolah. (mcgorontaloprov/md/nancy/toeb)
 
53 Kali

Copyright © 2018 InfoPublik. All rights reserved.

source