PEKANBARU – Dinas Ketahanan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengikuti pergelaran Jambore PKK Tingkat kota Pekanbaru tahun 2022, yang berlangsung meriah dan sukses pada Rabu (07/09) di Pelataran Halaman Mal Pelayanan Publik kota Pekanbaru, Jl. Jenderal Sudirman. Acara diresmikan langsung oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, M.Ap dan turut dihadiri ketua panitia sekaligus selaku ketua TP PKK Pekanbaru Ibu Raja Rilla Mustafa Muflihun, Forkopimda Pekanbaru, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Pekanbaru, 15 Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kota Pekanbaru dengan jumlah peserta yang mengikuti lomba lebih kurang 1.500 peserta dan undangan lainnya.
Rangkaian acara yang ditaja dalam pagelaran tersebut adalah Lomba tertib administrasi PKK yang telah diselenggarakan dari tanggal 1 s.d 3 September 2022 yang lalu; Lomba Busana bordir melayu; Lomba yel-yel dengan tema stunting; Lomba Penyuluhan tema stunting; Lomba Mendongeng; Lomba Mars PKK; Lomba Bazaar UP2K ; Penilaian arak-arakan defie PKK dan penilaian jambore terbaik tingkat kecamatan se-kota Pekanbaru. Selain itu juga ada layanan Kesehatan gratis berupa pemeriksaan Kesehatan, pemasangan kontrasepsi, vaksinasi covid-19, donor darah, c-home care berupa pemberian vitamin C gratis bagi 50 pengunjung pertama dan bantuan paket stunting.
Sebagai salah satu kontributor paket stunting, Disketapang Pekanbaru melalui Kadis Akur (Alek Kurniawan) mendukung penuh penyelenggaraan Jambore Kader PKK dan menyebut giat tersebut sangat penting dilaksanakan. Dia menuturkan bahwa penyelenggaraan PKK erat kaitannya dalam rangka upaya mewujudkan program PKK serta Program Kerja Pj Wali Kota Pekanbaru terutama dalam meningkatkan ketahanan pangan dengan ujung tombaknya adalah ibu-ibu, yang selama ini juga menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan lewat Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).
Acara Jambore PKK Pekanbaru tahun 2022 sendiri mengangkat tema “Melalui Jambore Tim Penggerak PKK Tingkat kota Pekanbaru, kita cegah stunting dan tingkatkan Kreativitas serta eratkan Silaturrahmi Menuju Keluarga Tangguh dan Sejahtera”.
“Hal ini merupakan salah satu program kerja di Disketapang Pekanbaru juga, yang menjadikan Ibu Ibu Rumah tangga sebagai ujung tonggak kemandirian pangan di tingkat Rumah Tangga, sesuai dengan tema Jambore PKK tahun ini,” sebut Kadis Akur disela-sela acara tersebut.
Dalam acara pendistribusi paket stunting, dari 20 paket stunting yang dibagikan Bapak Pj. Walikota dan Ketua TP PKK diantaranya Disketapang turut menyalurkan beras, buah-buahan dan sayur-sayuran seperti komoditi Kangkung, pak coi, papaya dan tempe.
Kadis Akur menambahkan bahwa pangan adalah komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kombinasi asupan berbagai jenis makanan dengan porsi tertentu harus sesuai dengan usia, jenis kelamin, berat badan dan kondisi fisiologis. Dengan mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara lengkap untuk hidup sehat, aktif dan produktif dan yang terpenting menurutnya adalah dalam rangka mencegah stunting seperti yang termaktub dalam tema penyelenggaraan Jambore PKK tahun ini. Makanya paket yang disalurkan Disketapang pada pagelaran Jambore PKK tahun 2022 adalah dalam rangka mendukung hal tersebut.
“Mari hidup sehat dengan menerapkan pola B2SA; “beragam, bergizi seimbang dan aman. Itulah filosofi paket bantuan dari Disketapang ini, dalam rangka turut mendukung aksi pencegahan stunting di kota Pekanbaru,” pungkasnya. (Kominfo10/RD5)

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau
KOTA PEKANBARU
Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan Abdul Rahman Hamid, Kelurahan Tuah Negeri Kecamatan Tenayan Raya

Email : helpdesk@pekanbaru.go.id

source