Sekitar 20 persen dari 67 puskesmas di Garut, Jawa Barat, berada di lokasi yang sulit diakses. Tidak hanya jarak yang jauh, warga juga terkendala jalan yang sempit dan berbatu sehingga memakan waktu untuk menjangkaunya.
Warga memeriksakan gula darah di Puskesmas Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (4/11/2022)
GARUT, KOMPAS — Sebanyak 20 persen pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berada di daerah yang sulit diakses. Kapasitas dari fasilitas kesehatan di daerah ini perlu ditingkatkan untuk melayani masyarakat dengan optimal.
Bupati Garut Rudy Gunawan dalam kunjungannya ke Puskesmas Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jabar, Jumat (4/11/2022), menyatakan, pihaknya tengah meningkatkan aksesibilitas untuk fasilitas kesehatan tersebut. Apalagi, warga dengan penyakit tertentu, seperti diabetes melitus, memerlukan kontrol rutin di fasilitas kesehatan untuk memastikan kesehatan mereka.
Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh P.K. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965.

Mengusung semboyan “Amanat Hati Nurani Rakyat”, Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam.

source