TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Gangguan ginjal akut pada anak-anak ,menjadi hal yang paling ditakuti oleh banyak orang tua saat ini mengingat gangguan ini mampu merenggut si buah hati.
Gangguan ginjal akut saat ini sudah banyak diketahui terjadi di beberapa daerah, salah satunya di bali yang memiliki jumlah teridentifikasi sebanyak 17 orang dengan 11 meninggal dunia.
Gangguan ginjal misterius ini sampai sekarang masih belum diketahui penyebabnya namun gangguan ini memiliki beberapa gejala yang bisa dilihat dan bisa segera ditangani.
Dilansir dari Kid’s Health, fungsi ginjal utamanya untuk menyaring racun dan kotoran dari tubuh, mengontrol cairan di dalam tubuh, dan mengeluarkan limbah dari tubuh lewat urine.
Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, produksi sel darah merah, dan kadar kalsium serta mineral di dalam tubuh.
Baca juga: Perhatikan, Cara Ketahui Ginjal Anda Sudah Bermasalah, Terjadi Pembengkakan di Bagian Ini
Ketika ginjal tidak bisa bekerja secara normal, munculah gejala gagal ginjal pada anak.
Penyebab gagal ginjal pada anak bisa berasal dari infeksi, cedera, syok, gagal jantung, keracunan, overdosis obat, kelainan bawaan, atau penyakit ginjal kronis yang tidak diobati sampai tuntas.
Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang biasanya kerap terlambat disadari.
Ada banyak keluhan yang disampaikan orangtua ketika membawa buah hatinya yang terkena gagal ginjal.
Berikut beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu diwaspadai:
1. Muntah-muntah dan tidak nafsu makan
Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak yang fungsi ginjalnya menurun drastis bisa mengalami mual, muntah-muntah parah, dan tidak nafsu makan.
Kondisi ini dipengaruhi peningkatan kadar ureum di dalam darah.
Baca juga: Gangguan Ginjal Akut Serang 17 Orang, 11 Anak di Bali Meninggal Dunia
2. Pucat

source