Penyakit gagal ginjal akut menyerang delapan orang anak di Sulawesi Selatan (Sulsel). Lima anak di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
“Di Sulsel dilaporkan delapan anak yang terkait kasus Acute Kidney Injury (AKI),” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini, Senin (23/10).
Rosmini menyebutkan bahwa kasus gagal ginjal akut ini terjadi pada periode sejak Agustus hingga Oktober. Pada bulan Agustus ada 4 anak yang dilaporkan meninggal dunia, sementara bulan Oktober ada satu orang anak meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Jadi total ada lima anak meninggal dunia sejak Agustus hingga Oktober. Namun, kasus tersebut merupakan kasus lama, sebelum Agustus 2022 dan seluruh kasus ini juga terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Rosmini merinci peta penyebaran kasus gagal ginjal yang terjadi di Sulsel. Seperti di Makassar, Palopo, Kabupaten Sidrap, Takalar, Gowa dan Maros.
“Ada enam daerah di Sulsel terdapat kasus gagal ginjal akut ini. Namun, seluruh kasus tersebut dilaporkan terjadi pada bulan Agustus hingga Oktober,” jelasnya.
Sementara untuk bulan September, kata Rosmini, pihak RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar melakukan verifikasi kasus. Apabila ditemukan kasus gangguan ginjal akut maka akan segera dilaporkan.
“Hasil verifikasinya oleh dokter ahli ginjal anak RS Wahidin Sudirohusodo akan segera dilaporkan,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source