Laporan Idris Ismail I Pidie Jaya
SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU – Ratusan peserta jalan sehat dan sepeda santai turut meramaikan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kabupaten Pidie Jaya, Minggu (6/11/2022).
Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, Ir Jailani Beuramat bersama Kapolres, AKB Dodon Priyambodo SH SIK MSi bersama ratusan peserta.
Kepala Dinkes KB Pijay, Eddy Azwar SKM MKes kepada Serambinews.com, Minggu (6/11/2022) mengatakan, even jalan sehat dan sepeda santai itu juga turut dihadiri oleh unsur Kejari, Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Meureudu, Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Disporapar), Dinkes KB dan komunitas sepeda onthel Pijay serta masyarakat dari berbagai kecamatan.
“Peringatan HKN Ke 58 tahun ini menyediakan doorprize dengan total dana Rp 22 juta dari donasi BAS Cabang Meureudu serta pihak dinas dan pihak ketiga lainnya secara tidak mengikat,” sebutnya.
Baca juga: Lusa Terjadi Gerhana Bulan Total, Ini Waktu yang Dianjurkan untuk Shalat Gerhana
Dalam kesempatan momen ini jekasn Eddy Azwar, pihaknya juga turut menyampaikan pesan edukasi terhadap menjaga kesehatan lewat gerakan masyarakat sehat.
Malahan dalam rangkaian HKN ke 58 tahun 2022 Dinkes KB  akan melaaksanakan Bakti Sosial (Baksos) deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) baik terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun  masyarakat umum yang dipusatkan di komplek kantor Bupati. 
Sepertihalnya pemeriksaan gula darah, tensi darah, golongan darah dan donor darah berhadiah kerjasama dengan pihak RSUD dan PMI  dalam upaya preventif dari serangan penyakit PTM yang membahayakan seperti penyakit jantung, stroke dan gula darah.
‘Rangkaian baksos ini di rencanakan pada Senin (7/11/2022) esok,” ungkapnya. (*)
Baca juga: Jadwal MotoGP, Start Starting Grid MotoGP Valencia, Bagnaia atau Quartararo Juara Dunia MotoGP 2022?

source