TEMPO.CO, JakartaKepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Bisri mengungkapkan satu dari enam pasien penyakit gagal ginjal akut masih menjalani perawatan intensif.
“Satu anak yang mengalami penyakit gagal ginjal akut masih dirawat di Batam, sedangkan lima pasien di daerah lainnya sudah meninggal dunia,” kata Bisri di Tanjungpinang, Ahad, 23 Oktober 2022.
Ia menambahkan lima pasien penyakit gagal ginjal akut merupakan warga Kabupaten Karimun sebanyak tiga orang dan Kota Tanjungpinang dua orang. “Penelusuran dilakukan sejak Agustus 2022 sampai sekarang. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa enam orang anak-anak itu menderita gagal ginjal akut,” ujarnya.
Bisri menegaskan Kemenkes berupaya mendapatkan obat untuk mengobati pasien gagal ginjal akut. Sampai sekarang para ahli juga masih meneliti penyakit itu. Hasil penelitian ditemukan obat yang layak untuk menangani pasien ginjal akut. Para ahli menemukan obat untuk menangani efek kimia obat yang telah digunakan pasien.
Baca: Kemenkes Terbitkan Pedoman Penanganan Pasien Anak Gangguan Ginjal Akut
Antidot atau zat kimia penawar racun diproduksi perusahaan farmasi Singapura. Kemenkes mengimpor antidot tersebut, kemudian mendistribusikan obat tersebut ke rumah sakit di Indonesia, khususnya yang sedang menangani pasien penderita ginjal akut.
“Para ahli juga menemukan tindakan medis lainnya yang dibutuhkan dalam menangani pasien. Jadi ada kemajuan yang cukup baik dalam proses penanganan penderita gagal akut,” ucapnya.
Bisri memberi apresiasi seluruh tenaga kesehatan dan apotek yang melaksanakan instruksi Kemenkes untuk mencegah penambahan kasus gagal ginjal akut. Obat sirup tidak lagi dijual bebas kepada masyarakat.
“Kami memberi apresiasi kepada pihak kepolisian dan pihak lainnya yang turut melakukan pengawasan di apotek dan rumah sakit agar tidak menjual atau menggunakan obat-obatan berbentuk sirop yang tidak diizinkan Kemenkes,” tuturnya.
Baca: IDAI Masih Dalami Penyebab Percepatan Perburukan Kasus Ginjal Akut
Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.
Kemenkes menyampaikan bahwa negara pemberi donasi obat gagal ginjal akut fomepizole adalah dari Jepang dari Australia.
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menyebut kasus gagal ginjal akut saat ini sudah turun drastis, bahkan mendekati angka nol.
Budi menegaskan pemberian obat Fomepizole mampu memberikan kesembuhan terhadap korban gagal ginjal akut.
Enam pasien gagal ginjal akut di RS Sardjito Yogyakarta sudah sembuh, enam pasien meninggal.
Pemerintah telah membahas kasus gagal ginjal akut pada anak dengan para para pemangku kepentingan di bidang farmasi. Apa yang dibicarakan?
Berita terkini pada siang ini dimulai dari Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe yang menyebut TV digital merugikan rakyat miskin.
Kemendag membantah pernyataan Kepala BPOM Penny Lukito ihwal kewenangan mengawasi impor bahan baku obat sirup ada di kementerian tersebut.
Kemenkes menyatakan obat Fomepizole yang diberikan kepada pasien gagal ginjal akut pada anak merupakan donasi dari berbagai negara.
Kemenkes angkat bicara menanggapi keputusan pemerintah menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 10 persen.
Kementerian Kesehatan menargetkan vaksin booster mencapai 50 persen di tengah kenaikan angka Covid-19 saat ini.

source