TIMESINDONESIA, ACEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab Nagan Raya), Provinsi Aceh mengungkapkan sejumlah inovasi dan kolaborasi keterbukaan informasi publik yang berhasil dilaksanakan di hadapan tim penilai yang terdiri dari Komisioner Komisi Informasi Aceh dan tenaga ahli.
Keberhasilan tersebut dipresentasikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nagan Raya Ir H Ardimartha yang dihadiri oleh berbagai pihak tersebut, berlangsung di Aula Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfosa) Aceh, Banda Aceh, Rabu (19/10/2022).
Kegiatan presentasi ini merupakan rangkaian tahapan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022, dimana sesuai hasil penilaian Komisi Informasi Aceh, Kabupaten Nagan Raya termasuk dalam 10 besar kategori Pemerintah Kabupaten/Kota.
Dalam presentasi itu, Sekda Ardimartha memaparkan sejumlah inovasi dan kolaborasi yang berhasil dilaksanakan oleh PPID Kabupaten Nagan Raya dalam pelayanan informasi publik selama tahun 2021. Di antaranya menyediakan loket layanan informasi, pengelolaan aplikasi PPID berbasis website yang mudah diakses oleh penyandang disabilitas dengan kehadiran tombol mode suara. 
Selain itu, lahirnya Komitmen Bersama Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dalam rangka mendukung implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
“Ada beberapa inovasi pelayanan informasi publik yang telah kami lakukan, termasuk dalam masa pandemi Covid-19. Semoga inovasi ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat, agar lebih mudah dan cepat dalam memperoleh informasi,” papar Sekda Ardimartha.
Sekda Ardimartha menambahkan, dalam masa pandemi Corna Virus Disease 2019 (Covid-19), PPID Kabupaten Nagan Raya menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) bagi masyarakat pemohon informasi, menyediakan layanan e-mail dan WhatsApp, serta memaksimalkan pelayanan dan penyediaan informasi melalui website PPID Kabupaten Nagan Raya.
Sekda Ardimartha juga menjelaskan, kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya bersama badan publik lainnya dalam rangka mendukung penyediaan dan penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pendidikan, kesehatan dan beragam infomasi lainnya kepada masyarakat luas.
“Kolaborasi ini kita wujudkan dalam bentuk MoU dan kerja sama dengan badan publik lainnya, diantaranya dengan GeRAK Aceh,” jelas Sekda Ardimartha.
Dalam kesempatan itu, Sekda Ardimartha juga menyampaikan komitmen Pemkab Nagan Raya, Provinsi Aceh terhadap keterbukaan informasi publik, serta mengucapkan terima kasih kepada Komisioner Komisi Informasi Aceh dan Tim Penilai. (*)
**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.
11/08/2022 – 17:08
Copyright 2014 – 2022 TIMES Indonesia. All Rights Reserved.
Page rendered in 2.8089 seconds. Running in Unknown Platform

source