Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
Selanjutnya
Tutup

Bandung (03/08/22) — Balita Kampung Sukamaju Desa Kayuambon melaksanakan imunisasi nasional dengan sukses
Imunisasi merupakan hal yang sangat dan wajib dilakukan kepada anak- anak. Imunisasi dilaksanakan untuk mencegah anak anak dari penyakit yang berbahaya dan dapat menghambat tubuh kembang anak di usia emasnya saat ini. Bulan Imunisasi Anak Nasional atau yang sering disingkat menjadi BIAN merupakan salah satu program yang berfokus kepada anak-anak khususnya anak balita, tujuan dari pelaksanaan BIAN yang dilaksanakan 3 Agustus ini diharapkan dapat mencegah anak-anak dari penyakit campak dan rubella.

Kampung Sukamaju Desa Kayuambon Kecamatan Lembang menjadi salah satu tempat yang menyukseskan kegiatan BIAN di Indonesia, pelaksanaan BIAN ini dihadiri oleh anak anak Kampung Sukamaju yang berjumlah sekitar 50an anak, acara ini juga dilakukan Bersama Kelompok KKN 146 UPI yang sedang melaksanakan tugas KKN yang dilalaksanakan dari bulan juli sampa agustus yang bertepatan dengan pelaksanaan BIAN.

BIAN bersama KKN UPI Kelompok 146
BIAN bersama KKN UPI Kelompok 146


Pelaksanaan BIAN yang dilakukan ini dihadiri langsung secara resmi di Kampung Sukamaju oleh kepala camat kecamatan lembang dan dihadiri secara virtual melalui platform zoom meeting oleh Plt Bupati Bandung Barat pada pukul 8 pagi dan berakhir pukul 12 siang. Kegiatan ini dibuka dengan penampilan anak anak balita PAUD Plamboyan yang menampilkan tarian yang sudah dirancang oleh PAUD Plamboyan dengan penampilan yang sangat mengesankan. Setelah pembukaan kemudian berlanjut dengan memakan telur rebus secara bersamaan sebagai simbolis pembukaan acara BIAN di Desa Sukamaju.
Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan imunisasi kepada balita yang sudah mendapatkan undangan. Tahapan dalam imunisasi dimulai dari mengukur tinggi badang, berat badan, lingkar lengan, dan panjang lengan setelah melakukan rangkaian tersebut kemudian anak anak akan diberi vitamin dan dilanjutkan dengan penyuntikan kepada anak anak langsung oleh dokter dari Puskesmas Lembang.

Imunisasi Balita Sukamaju
Imunisasi Balita Sukamaju



Kegiatan ini berlangsung cukup tertib dan sukses karena adanya kolaborasi yang baik antara Kader Kampung Sukamaju dan Kelompok KKN 146 UPI, sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh program BIAN ini.

source