Pilih AHY atau Aher, Anies Masih Berpikir|Tidak Ingin Jadi Itaewon, Festival Berdendang Bergoyang Dibubarkan|Cegah Prostitusi, Polres Jaksel Imbau Larangan Sewa Harian di Kalibata City
Kamis, 27 Oktober 2022 | 23:30 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WIR
Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendukung peran swasta dalam upaya bersama mencegah stunting di Indonesia. Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Widyawati mengatakan stunting masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia yang perlu perhatian dan penanganan khusus dari berbagai pihak.
“Kementerian Kesehatan berfokus pada intervensi spesifik penurunan stunting, termasuk perbaikan fasilitas sanitasi, edukasi kesehatan, serta dukungan gizi. Mulai dari semua sekolah dan pesantren setingkat SMP dan SMA melaksanakan aksi bergizi, ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali, posyandu mampu melakukan pemantauan pertumbuhan setiap bulan,” kata Widyawati dalam webinar bertema “Upaya pencegahan stunting di Indonesia” bersama Kementerian Kesehatan bersama NAB Herbalife Nutrition pada Kamis (27/10/2022)..
Menurut Widyawati, semua kader dari kemenkes mampu mendeteksi balita dengan perlambatan pertumbuhan, serta pesan ABCDE dapat disebarluaskan sehingga masyarakat lebih paham bagaimana mencegah stunting.
“Kami sangat mengapresiasi peran pihak swasta dalam membantu pemerintah terkait masalah ini,” tambahnya.
Diterangkan lebih lanjut, berdasarkan penelitian Studi Status Gizi Indonesia (SSGBI) 2019, 27.67% anak Indonesia mengalami stunting atau sekitar 1 dari 4 anak. Meskipun angka stunting sudah turun dari 37.2 % pada tahun 2013, kondisi saat ini masih membutuhkan percepatan terlebih mengingat amanah Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 agar stunting bisa diturunkan ke angka 14% pada 2024.
“Terkait data itu, Kemenkes perlu melakukan intervensi untuk memfokuskan diri dalam upaya mencegah stunting dengan menganjurkan aktif meminum tablet tambah darah (TTD) bagi remaja putri seminggu sekali dan ibu hamil setiap hari minimal 90 tablet selama kehamilan,” lanjutnya.
“Selain itu, mengonsumsi protein hewani bagi bayi diatas usia 6 bulan dan rutin datang ke Posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangannya serta melakukan imunisasi dan eksklusif mengonsumsi ASI 6 bulan,” tegasnya.
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi menegaskan komitmen perusahaan dalam memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah memerangi stunting. Perusahaan berkomitmen untuk mendorong terciptanya generasi penerus bangsa yang lebih sehat.
“Melalui kampanye Nutrition for Zero Hunger, kami terus mendukung upaya pemerintah untuk mencegah stunting. Salah satunya dengan membangun fasilitas sanitasi sehat, penyediaan akses air bersih dan edukasi kesehatan bagi masyarakat yang diharapkan akan membawa kesadaran masyarakat untuk perbaikan gaya hidup dan pola pikir serta perilaku yang diharapkan akan membentuk masyarakat yang sadar akan bahaya stunting,” tandasnya.
Sementara itu Anggota Dewan Penasehat Nutrisi Herbalife Nutrition, Rimbawan mengatakan upaya dalam mencegah stunting perlu menerapkan prinsip gizi seimbang.
“Hal ini bisa dimulai dari konsumsi makanan sehat dengan takaran gizi yang seimbang, pola hidup yang aktif, rutin berolahraga, menjaga badan ideal dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.
Saksikan live streaming program-program BTV di sini
Sumber: BeritaSatu.com
Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang menolak permohonan penangguhan penahanan Nikita Mirzani.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadir dalam acara di Senayan, Jakarta, Minggu (30/10/2022).
Legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki resmi bergabung menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jelang Pemilu 2024.
Hari ketiga Festival musik Berdendang Bergoyang 2022 di Istora Senayan & Parkir Selatan Gelora Bung Karno dibatalkan karena alasan keamanan.
Menjelang Pemilu 2024, enam purnawirawan TNI dan Polri bergabung menjadi kader PDI Perjuangan (PDIP).
Festival musik Berdendang Bergoyang 2022 membatalkan acara hari ini, Minggu (30/10/2022), atas dasar alasan keselamatan dan keamanan.
Calon presiden pilihan Partai Nasdem, Anies Baswedan masih berpikir untuk memilih sosok pendampingnya alias calon wakil presiden (cawapres).
Turnamen tenis meja Piala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor yang diikuti 150 anak, diselenggarakan antara lain untuk menghindari kecanduan gadget.
Pedagang di Pasar Baru Karawang, kini tidak lagi memiliki stok tahu untuk dijual kepada konsumen.
Penerapan aturan pelarangan sewa harian di apartemen. khususnya Kalibata City, dilakukan sebagai pencegahan prostitusi, penyalahgunaan narkotika.
 
NEWSLETTER
 
NEWSLETTER

source