TEMPO.CO, Jakarta – Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) bersama Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menyelenggarakan Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi guru madrasah, pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS.
“Pelatihan Kurikulum Merdeka digelar secara online mandiri berbasis MOOC atau Massive Open Online Course. Peserta pelatihan bisa mengikutinya secara mandiri, kapan pun, dan dari mana pun,” terang Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Mastuki dilansir dari laman resmi Kemenag pada Jumat, 21 Oktober 2022.
Menurut Mastuki, pendaftaran pelatihan Kurikulum Merdeka dibuka dari 19-25 Oktober 2022. Para guru dan tenaga pendidik madrasah yang akan mendaftar bisa mendaftar di tautan berikut: https://pintar.kemenag.go.id/detail/pelatihan/5.
“Pelaksanaan pelatihan akan berlangsung dari26 Oktober sampai 6 November 2022,” tutur Mastuki.
Nantinya, peserta pelatihan akan mendapat sertifikat 60 jam pelajaran. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Mastuki menambahkan, pelatihan Kurikulum Merdeka dimaksudkan untuk memberi ruang kebebasan bagi GTK madrasah untuk menjadi pembelajar sejati.
Pelatihan ini dirancang dengan tingkat fleksibilitas dan aksesibilitas tinggi. Konten dan materi serta metodenya memungkinkan peserta merdeka belajar untuk mengikutinya sesuai waktu dan kebutuhan pengembangan diri.
“Kurikulum Merdeka sesuai dengan watak pendidikan yang hakikatnya memerdekakan manusia. Kurikulum Merdeka bukan hanya menstimulasi merdeka belajar, tapi juga merdeka mengajar,” katanya.
Baca juga:
Rumah Baca Rusia di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.
Catcalling masuk ke dalam kekerasan seksual dalam aturan Menteri Agama. Simak penjelasannya di sini.
Keduanya mendapatkan kesempatan magang di Mercedes-Benz Parts Logistics UK Limited di Inggris.
60 busana karya siswa dan mahasiswa vokasi hadir dalam gelaran busana bertaraf internasional, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023.
Kemenag telah resmi mengesahkan PMA No. 73 Tahun 2022 tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan. Ini isinya.
Pemerintah Inggris akan membentuk joint campus Lancaster-Deakin University di Bandung Raya.
Ada 16 bentuk kekerasan seksual yang tercantum dalam Peraturan Menteri Agama, Bab 2 Bentuk Kekerasan Seksual, Pasal 5
Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang penanganan dan pencegahan kekerasan seksual di satuan pendidikan Kementerian Agama telah diterbitkan
Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pameran virtual bisnis pesantren dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri 2022.
Kementerian Agama (Kemenag) menjalin kerja sama dengan Cyber Hankuk of Foreign Studies, Korea Selatan untuk memajukan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam
Kepada Tempo, Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim mengaku dirinya naif berharap RUU Sisdiknas bisa tembus ke Prolegnas 2023.

source