TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut akan melakukan sinkronisasi pembiayaan yang dialokasikan dalam APBD DKI Jakarta 2023. Dia fokus pada program pembangunan MRT dan LRT Jakarta.
“Tadi sudah banyak dibahas termasuk detail dan kami akan melakukan sinkronisaai terkait pembiayaan di APBD 2023. Ada beberapa yang bisa kami lakukan,” kata dia di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2022.
Hari ini Heru menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kemenhub. Keduanya membahas soal transportasi di Ibu Kota, mulai dari kendaraan listrik, pembangunan lahan parkir vertikal, hingga proyek MRT Fase 3 (East-West). 
Heru tak mendetailkan apa saja tugas pemerintah DKI sehubungan dengan pembangunan MRT. Yang pasti, ada tiga negara yang telah menyatakan minatnya berinvestasi, yakni Jepang, Korea Selatan, dan Inggris.
Menurut Heru, pemerintah DKI telah membuat Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) DKI untuk dialokasikan dalam APBD 2023. Pemerintah DKI bersama DPRD tinggal menajamkan nilai anggaran pembangunan.
Kepala Sekretariat Presiden itu bakal memasukkan program prioritasnya dalam APBD 2023. “Bisa penambahan, nanti kami bahas dulu dengan DPRD,” ujar Heru. 
Baca: Heru Budi Hartono Buka Opsi Warga Bisa WFH jika Ada Potensi Kemacetan Akibat Banjir Jakarta
Heru Budi Hartono kunjungi Budi Karya Sumadi
Heru Budi Hartono menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi ini. Keduanya membahas soal transportasi di Jakarta, mulai dari menambah lahan parkir hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
“Baru ini kami koordinasi. Saya pikir cukup penting mengingat Jakarta adalah satu role model bagi kota-kota yang lain,” kata Budi Karya di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2022.
Budi meminta agar Heru menambah SPKLU di Ibu Kota. Sebab, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga fokus menggencarkan penggunaan mobil dan motor listrik.
Menurut dia, ada beberapa keuntungan penggunaan kendaraan listrik, mulai dari irit bahan bakar hingga ramah lingkungan. Bertambahnya SPKLU diharapkan meningkatkan minat masyarakat hingga penyedia jasa ojek online menggunakan kendaraan listrik. 
Apalagi, lanjut Budi, pemerintah berencana mengucurkan subsidi terkait kendaraan listrik tahun depan. “Sehingga perjumpaan, equilibrium terjadi semakin cepat, maka ini menjadi suatu hal yang sangat efisien,” ucap dia.
Selain itu, Budi juga mengusulkan pemerintah DKI menambah lahan parkir vertikal. Lahan parkir ini bakal menjadi fasilitas pendukung untuk menyediakan kendaraan listrik.
Dia berharap lahan parkir vertikal bakal dibuka di seluruh Jabodetabek dan pusat kegiatan, seperti Tanah Abang atau Manggarai. “Akan memberikan suatu daya dukung baik, sehingga kemacetan di tempat umum berkurang,” ujar Budi. 
Baca juga: Heru Budi Hartono Sanggupi Permintaan Menhub, Setiap Gedung Baru di Jakarta Harus Punya SPKLU
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.
Vaksinasi Covid-19 dibuka kembali di puskesmas dan sejumlah tempat umum. Bisa untuk dosis pertama, kedua dan booster.
Usai dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono ingin penanaman pohon digencarkan kembali untuk penghijauan dan mencegah banjir
Ujang Komarudin menilai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak wajib memiliki atau mengaktifkan kembali TGUPP.
Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menginventarisasi lahan untuk pembebasan dalam program normalisasi Ciliwung sebagai upaya pengendalian banjir.
Heru Budi Hartono belum memastikan kelanjutan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 2A karena mempertimbangkan prioritas anggaran Pemprov DKI.
Taat pada Heru Budi Hartono, Pemerintah Jakarta Selatan mengimbau Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengumpulkan biji buah untuk ditanam kembali.
Pembangunan LRT Jakarta Fase 2A tidak masuk dalam target prioritas pembangunan 2023 untuk penanganan kemacetan di Ibu Kota.
Heru Budi Hartono berpesan segala perbedaan yang ada merupakan kekuatan bagi para pemuda dan pemudi untuk membangun bangsa.
Perwakilan dari 44 puskesmas Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dijadwalkan mengambil vaksin Covid-19 tersebut pagi ini.
Tiga berita terpopuler metro tentang babi yang menerobos masuk ke kantor Dinas LH DKI dan juga soal tak ada ijon di commitment fee Formula E.

source