ADVERTISEMENT
Unilever menarik sejumlah produk sampo kering aerosol Dove, Nexxus, Suave, TIGI, hingga TRESemme lantaran mengandung benzena, bahan kimia yang menyebabkan kanker.
Dikutip dari laman resmi Food and Drug Administration (FDA), produk-produk yang diduga tercemar zat tersebut diproduksi sebelum Oktober 2021 dan didistribusikan di pengecer nasional.
“Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit dan dapat mengakibatkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang dan gangguan darah yang dapat mengancam jiwa,” tulis FDA dikutip, Selasa (25/10/2022).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Meski belum ada laporan terkait efek samping dari pengguna produk tersebut, Unilever menarik produk sebagai langkah pencegahan. Para peritel juga telah diminta untuk tidak menjual produk sampo kering tersebut.
Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC AS), benzena adalah bahan kimia yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda saat berada di dalam suhu ruang. Bahan kimia ini memiliki bau yang manis namun sangat mudah terbakar.
Saat terpapar langsung dengan udara, benzena akan mudah menguap. Uap tersebut dapat larut dalam air dan mengapung di atas air. Uap ini yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada kesehatan ketika terpapar secara berulang dalam jumlah yang cukup banyak.
Seseorang yang terpapar bahan Benzena dalam jumlah banyak bisa mengalami sejumlah gangguan kesehatan tubuh. Bahkan senyawa ini bisa menyebabkan sumsum tulang tidak dapat memproduksi jumlah sel darah merah sesuai dengan kebutuhan. Ini membuat seseorang rentan mengalami anemia.
Selain itu, paparan senyawa ini juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ia akan bekerja dengan mengubah antibodi dalam darah yang menyebabkan hilangnya sel darah putih.
Adapun seseorang yang menghirupnya dalam waktu yang cukup lama dapat mengalami beberapa gejala, seperti:
Makanan dan minuman juga bisa terkontaminasi dengan uap benzena. Kondisi ini dapat memicu beberapa gejala yang berbeda, seperti:
Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (DHHS) juga telah menetapkan bahwa benzena menyebabkan kanker pada manusia. Paparan jangka panjang terhadap kadar benzena yang tinggi di udara dapat menyebabkan leukemia, kanker organ pembentuk darah.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Reri Indriani menekankan sampo Dove hingga TRESemme yang ditarik di Amerika Serikat (AS), tidak terdaftar di Indonesia. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan intensif terkait kosmetik termasuk personal care.
Terlebih dalam dua tahun terakhir, pelaku usaha kosmetika tercatat meningkat 11 persen. Reri kini mengupayakan dan mendorong produksi kosmetik berbahan alami, bebas dari zat kimia berbahaya.
“Jadi memang BPOM melakukan pendekatan dua sisi, pertama dari sisi demand, edukasi ke masyarakat, terkait produk yang aman dipakai, misalnya temuan seperti kemarin kosmetik mengandung pewarna tekstil yang seharusnya tidak digunakan,” bebernya saat ditemui di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (25/8).
baca juga

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source