Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda
POS-KUPANG.COM,ADONARA– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKNT-PPM ) Unwira Kupang menggelar kegiatan sosialisasi 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dalam rangka pencegahan dan pemberantasan stunting di Desa Kiwangona, Jecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Senin 15 Agustus 2022. 
Kegiatan ini merupakan salah satu program wajib yang diamanatkan oleh universitas kepada setiap tim KKNT-PPM yang tersebar di sepuluh kabupaten se-Provinsi NTT.
Khusus di Desa Kiwangona, program pencegahan dan pemberantasan stunting di mulai dengan beberapa rangkaian.
Mahasiswa KKN yang berjumlah 17 orang, mengawali program dengan melakukan identifikasi dan pendataan kondisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan masyarakat desa.
Hasil pendataan tersebut menemukan bahwa terdapat satu orang anak yang masuk dalam kategori kurang gizi dan dua orang anak sebagai penyandang stunting.
Baca juga: Gebyar Aman Calistung KKNT-PPM UNWIRA di Keo Tengah, Bupati Nagekeo Dapat Hadiah Eco Print 
Temuan itu kemudian ditindaklanjuti dengan membantu para kader desa dalam program pemberian makanan tambahan (PMT) kepada anak-anak dibawah dua tahun, terkhusus bagi ketiga anak tersebut.
Selain PMT, mahasiswa juga membagikan bibit sayuran berupa sawi dan bayam kepada warga masyarakat desa demi membantu pemenuhan makanan bergizi kepada masyarakat setempat.
Langkah konkrit yang kemudian dilakukan adalah menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan stunting.
Kegiatan ini menghadirkan staf bidang kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Flotim, Agatha, A.Md.KL.

source