ABATANEWS, MAKASSAR — Lembaga survei Indo Supporting Idea Research dan Political Consultant (INSIDE) merilis hasil Monitoring dan Analisis Media Sosial Pilgub Sulsel 2024.
Hasil monitoring menempatkan Ilham Arief Sirajuddin, Adnan Purichta Ichsan, dan Andi Sudirman Sulaiman, Danny Pomanto sebagai empat tokoh populer atau paling banyak dibicarakan di media sosial Facebook dalam tiga bulan terakhir.
Monitoring versi INSIDE itu dilakukan mulai dari Mei 2022 hingga Agustus 2022. Platform media sosial yang dimonitoring Facebook. Estimasi Pengguna Facebook di Sulsel: 4.300.000-4.000.000 orang.
Baca Juga : Ketua Majelis Syura PKS Beri Sinyal Dukung Andi Sudirman di Pilgub Sulsel 2024
Dalam data hasil monitoring itu, IAS menempati posisi teratas dengan angka 25,23 persen, disusul Adnan Purichta Ichsan 22,15 persen, ketiga Andi Sudirman Sulaiman 15,57 persen.
Adapun posisi selanjutnya, yaitu Wali Kota Makassar Danny Pomanto 13,42 persen, Wali Kota Parepare 9,66 persen, Wakil Ketua Umum Golkar HAM Nurdin Halid 5,91 persen, eks Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Muhammad 2,42 persen, sisanya lainnya 5,64 persen.
“Monitoring medsos ini berbeda dengan pendekatan survei konvensional, karena kita memonitor seluruh percakapan audiens terkait pilgub sulsel dalam tiga bulan terakhir,” kata Direktur Inside Nurcholish, dalam rilis yang diterima, pada Rabu (7/9/2022).
Baca Juga : Danny Tersanjung Didukung Ketua DPW PAN Sulsel Maju Pilgub
Nurcholish mengungkapkan, IAS banyak dibicarakan di Facebook berkaitan dengan kisruh musda Demokrat Sulsel dan kepindahannya ke Partai Golkar.
Menurutnya, nama IAS banyak di-mention atau dikaitkan dengan tokoh-tokoh nasional seperti Nurdin Halid, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
“Akan tetapi IAS ini memperoleh sentimen negatif terkait pemilihan Ketua Demokrat Sulsel dan konflik kepengurusan Golkar Sulsel,” kata pria yang akrab disapa Holis ini.
Baca Juga : Ketua DPW PAN Sulsel Jagokan Danny di Pilgub Sulsel 2024
Sementara Andi Sudirman Sulaiman, kata Holis, banyak dibicarakan berkaitan dengan topik Gubernur Sulsel sebelumnya Nurdin Abdullah.
“Kalau Adnan ini tidak ada sentiment positif ataupun negatif,” kata Holis.
Jebolan Univesitas Indonesia itu melanjutkan, dari keseluruhan percakapan dengan mention “Pilgub Sulsel”, percakapan terkait Adnan Purichta Ichsan
(Adnan) menerima jumlah likes terbesar. Jumahnya mencapai 28,32 persen.
Baca Juga : PKS Jajaki Pangdam Andi Muhammad, Sebut Layak Pimpin Sulsel
Holis melanjutkan, pada percakapan terkait “pilgub sulsel”, IAS paling banyak dibicarakan 25,23 persen. Namun, untuk percakapan terkait Adnan paling banyak disukai sebesar 28,32 persen.
Percakapan terkait DP memperoleh engagement terkuat (rasio comments-to-likes & shares-to-likes paling baik).
“Untuk keseluruhan percakapan terkait “pilgub sulsel”, topik terkait Nurdin Abdullah memiliki pengaruh paling besar dibandingkan topik-topik lainnya,” kata Holis.
©2021 – 2022 abatanews.com, all rights reserved

source