Viral seorang warga diduga menjadi korban penipuan komplotan yang mengaku sebagai staff Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Akibat aksi itu korban mengalami kerugian Rp 900 ribu.
Unggahan itu menunjukkan tangkapan layar CCTV seorang laki-laki dan perempuan. Laki-laki itu terlihat mengenakan kacamata dan baju batik. Sedangkan perempuan mengenakan kacamata memakai jaket warna biru gelap.
Keduanya diduga merupakan pelaku yang telah menipu Suradi (70), warga yang tinggal di Jalan Sudanco Supriyadi, di Kecamatan Sukun, Kota Malang.
Tetangga korban Rizka Amalia (19) yang mengunggah postingan itu mengatakan, aksi penipuan itu terjadi Selasa (26/7/2022) pukul 15.28 WIB. Waktu itu dua pelaku datang ke rumah korban dengan alasan memberi hadiah undian.
“Mereka mengaku sebagai staff Dinkes Kota Malang datang ke rumah tetangga saya. Terus mereka bilang jika Pak Suradi ini memenangkan undian hari kesehatan anak nasional dan berhak mendapat hadiah televisi LED,” ujarnya kepada detikJatim, Jumat (29/7/2022).
Rizka mengatakan saat itu pelaku meminta uang sebesar Rp 900 ribu kepada korban dengan alasan untuk membayar pajak hadiah. Korban yang terlanjur percaya langsung memberikan uang itu kepada pelaku.
“Setelah uang diberikan. Pelaku meminta Pak Suradi mengambilkan beberapa peralatan untuk memasang TV. Kemudian saat Pak Suradi kembali dengan membawa peralatan, kedua pelaku itu sudah enggak ada beserta TV dan uang Rp 900 ribu itu,” ujarnya.
Namun sampai saat ini Rizka tidak tahu pasti apakah korban sudah melaporkan kasus itu kepada pihak berwajib.”Saya kurang tahu, namun sepertinya korban sudah melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian,” tuturnya.
Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Bayu Febrianto Prayoga mengaku belum mengetahui pasti apakah kasus penipuan itu sudah dilaporkan oleh korban. Pihaknya masih berencana mengeceknya lebih dulu.
“Saya cek dulu, apakah korban sudah laporan atau belum. Kalau sudah laporan, tentu anggota kami segera menindaklanjuti dan melakukan penyelidikan,” ucap dia.

source