MENARIK MINAT: Suasana stan milik RSUD Panembahan Senopati Bantul di ajang Bantul Creative Expo 2022 pada Kamis (21/7).  IWAN NURWANTO/RADAR JOGJA
RADAR JOGJA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul menjadi salah satu peserta ajang Bantul Creative Expo 2022. Dalam kegiatan yang dipusatkan di Pasar Seni Gabusan (PSG) itu, rumah sakit milik pemerintah tersebut turut mengenalkan berbagai inovasi dan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat.
Plt Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul Sidiq Rohadi mengatakan, sebanyak tiga inovasi yang dikenalkan kepada masyarakat dalam Bantul Creative Expo 2022. Adapun yang pertama yakni Srikandi, yaitu sebuah layanan daftar pasien secara online melalui pesan WhatsApp, website dan aplikasi resmi milik rumah sakit.
Kemudian untuk program kedua, lanjut Sidiq, pihaknya juga mengenalkan program layanan pemesanan makanan sehat bergizi dari RSUD Panembahan Senopati bernama Selasih (Sehat Lezat Sinaji Higienis). Pada layanan tersebut, mulai dari pasien, karyawan hingga pengunjung bisa memesan makanan sehat dan higienis yang langsung disajikan oleh ahli gizi rumah sakit.
“Menunya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang memiliki penyakit darah tinggi atau gula darah tinggi,” jelasnya kemarin (21/7).
Program ketiga, RSUD Panembahan Senopati juga mengenalkan program Kinanthi. Program tersebut merupakan sebuah layanan pengiriman obat tanpa antri dari rumah sakit kepada pasien.
“Harapannya masyarakat bisa mengenal inovasi kami dan memanfaatkannya untuk pelayanan kebutuhan kesehatan,” harapnya.
Selain mengenalkan tiga program unggulan, RSUD Panembahan Senopati Bantul juga memberikan pelayanan kesehatan gratis dan demo masak  sehat kepada masyarakat.
Adapun bentuk pelayanan kesehatan gratis yang diberikan kepada masyarakat diantaranya pemeriksaan kolesterol, gula darah, cek asam urat dan konsultasi dokter. Selain itu khusus pada hari ini (22/7) pihaknya menyediakan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang membutuhkan.
“Siapapun yang mau vaksin pasti kami layani, baik itu dosis satu, dosis dua hingga dosis ketiga atau booster,” sambungnya. (inu/bah)

source