Padang, InfoPublik – Guna mendukung program nasional Gerakan Nusantara Tekan Angka Obesitas (Gentas), Puskesmas Andalas mengadakan pertemuan penggerak gerakan hidup sehat se Kecamatan Padang Timur, Kamis (21/7/2022).
Pertemuan dilakukan selama tiga hari ini diikuti oleh lima perwakilan tokoh masyarakat dan 20 orang kader penggerak di masing-masing kelurahan.
Kepala Puskesmas Andalas dr Mela Aryati yang diwakili oleh dr Pratiwi menjelaskan, adapun peserta yang ikut merupakan mereka yang terindikasi memiliki gizi berlebih, kelebihan berat badan (over weight) dan obesitas.
“Jadi peserta ini akan diberikan materi oleh pakar gizi, fisiologi untuk aktivitas fisik dan kesehatan masyarakat,” ujar Pratiwi.
Tujuannya adalah nanti para peserta dapat menerapkan apa yang telah mereka peroleh dalam pertemuan dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus menjadi role model bagi masyarakat dalam upaya menurunkan berat badan serta menerapkan pola hidup sehat
Pratiwi menjelaskan, saat ini obesitas bukan lagi hanya masalah kelebihan gizi (berat badan), namun juga merupakan induk bermacam penyakit seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, stroke dan gangguan sendi karena tulang tidak lagi mampu menopang berat tubuh.
“Untuk langkah pencegahan, kita harus bisa menjaga pola makan dengan mengurangi makan-makanan cepat saji, tidak makan dengan porsi berlebihan, gizi seimbang serta perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, juga yang tak kalah penting adalah rutin berolahraga,” tambah Pratiwi.
Sementara untuk para penderita obesitas Pratiwi menyarankan agar berkonsultasi kepada dokter atau ke Puskesmas, agar bisa dipilihkan diet sehat yang sesuai, kemudian melakukan aktivitas olahraga yang low impact, serta melakukan cek kesehatan untuk mengetahui apakah memiliki penyakit penyerta. (MC Padang/RA/Charlie/toeb)
47 Kali

Copyright © 2018 InfoPublik. All rights reserved.

source