Saturday, 24 Zulhijjah 1443 / 23 July 2022
Saturday, 24 Zulhijjah 1443 / 23 July 2022

Sabtu 23 Jul 2022 06:05 WIB
Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai syiar Islam lewat media film adalah cara yang tidak biasa, namun akan lebih menyentuh dan mengena kepada hati para penontonnya.”Lewat film, dakwah dan syiar agama lebih mengena dan menyentuh pada generasi milenial,” ujar Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/7/2022).
Pernyataan Menag itu disampaikan dalam Penganugerahan Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) Tahun 2022 yang dihelat Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Jumat malam.Lebih dari 1.000 peserta turut meramaikan kompetisi film pendek ini yang mengusung tema “Ku Syiar Islam Dengan Cara Ku”.
Yaqut mengaku kagum dengan karya yang dihasilkan para sineas muda.Menurutnya, syiar Islam melalui media film akan lebih menarik perhatian generasi milenial. Cara ini menjadi alternatif dalam menggaungkan nilai-nilai Islam yang moderat.”Saya rasa mereka perlu disentuh dengan sentuhan yang berbeda agar nilai-nilai keagamaan Islam itu bisa mengena dan diperoleh generasi milenial sesuai dengan dunianya,” kata dia.
Menag memiliki ide agar film-film yang masuk di ajang KFPi dapat ditayangkan di lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama, sembari berharap ada festival serupa dengan skala internasional pada tahun depan.”Kalau perlu festival film Islam internasional. Sebagai masyarakat dengan jumlah umat Islam terbesar dunia, kita harus mampu membawa peradaban Islam, salah satunya lewat syiar dalam film,” kata dia.
Sementara itu, Ketua Dewan Juri Nasional Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) Christine Hakim mengapresiasi perhelatan KFPI 2022 yang digelar Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.Menurutnya, Kementerian Agama menjadikan media film ini menjadi syiar dan memotivasi anak muda untuk selalu berbuat kebaikan.Senada dengan Menag, ia berharap film-film yang masuk dalam KFPI 2022 ini dapat disosialisasikan di sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama.
“Ini bukan sekadar film melainkan penyambung silaturahmi sebangsa dan se-tanah air serta memperkuat semangat persaudaraan. Film-film ini juga banyak nilai positifnya,” kata dia.
Dapatkan Update Berita Republika
Respon Mueller Saat ditanya dihubung-hubungkan dengan Arsenal
Gabung dengan Barcelona, Target Lewandowski Biasa Banget
Zinchenko Resmi Bergabung, Arsenal Bakal Lebih Moncer?
Ini yang Diminta Ten Hag kepada Harry Maguire, Salah Satunya Bungkam Pengkritik!
Ini Janji Bruno Fernandes buat MU Musim Depan, PHP atau Nyata?
Berita Jurnal Haji

Jamaah haji Kabupaten Bekasi diminta tidak menerima tamu selama 10 hari.
Info Sehat

Enam orang dalam wabah ini yang mengaku membeli kura-kura mereka secara daring.
Nasional Inpicture

Imunisasi jemput bola dilakukan Puskesmas guna meningkatkan kesehatan balita.
Hukum

Budi mengaku akan selalu mengikuti perintah pimpinan dalam kasus Brigadir J.
Ruzka

penghargaan yang diberikan Forum Anak Nasional dalam rangka Hari Anak Anak (HAN) yakni Dafa Award 2022 kategori Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik.
3 PHOTO
11 PHOTO
4 PHOTO
5 PHOTO
3 PHOTO
Sabtu , 23 Jul 2022, 07:11 WIB
Sabtu , 23 Jul 2022, 16:05 WIB
Phone: 021 780 3747
Fax: 021 799 7903
Email:
newsroom@rol.republika.co.id (Redaksi)
sekretariat@republika.co.id (Redaksi)
marketing@republika.co.id (Marketing)
Copyright © 2018 republika.co.id, All right reserved

source