YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mendukung keterampilan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan di tengah masyarakat, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat menerjunkan sekitar 92 Mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi dari 3 fakultas pada Senin 13 Juni 2022. Program studi sarjana ini diantaranya adalah Gizi, Fisioterapi, Administrasi Publik, Manajemen, Bioteknologi, Psikologi, Akuntansi dan Keperawatan.
Adapun tema yang diangkat di dalam KKN kali ini adalah Tematik Stunting dimana mahasiswa memiliki tugas untuk membuat program kerja dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting pada anak di wilayah Sleman, D.I. Yogyakarta dengan rentang waktu pelaksanaan 1 bulan.
Tidak hanya itu, pada program KKN tersebut Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta juga bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman dan BKKBN DIY serta Pimpinan Cabang atau Ranting ‘Aisyiyah.
Salah satu program yang diusung dari kerjasama ini yaitu  pengenalan aplikasi Elsimil kepada calon pengantin. Aplikasi ini merupakan program dari BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Selain itu, Elsimil juga merupakan sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN.
Di dalam aplikasi ini calon pengantin akan diberikan arahan untuk mengisi survei 3 bulan sebelum menikah, survei ini terdiri dari pertanyaan yang mengarah kepada kesehatan calon pria dan wanita dimana tujuan dari suvei ini tidak jauh agar calon ayah dan ibu bisa mengetahui kondisi kesehatan mereka sebelum menikah dan dapat meminimalisir resiko melahirkan anak yang stunting.
Hasil dari suvey tersebut adanya sertifikat yang menerangkan apakah mereka lulus atau tidak lulus. Jika tidak lulus nantinya mereka akan diberikan pendampingan secara online dan berkala dari aplikasi Elsimil dan dibantu dengan konseling rutin oleh para Kader Puskesmas.
Dalam pelaksanaan KKN Tematik ini, mahasiswa dibagi menjadi 13 kelompok, dari 13 kelompok tersebut salah satu kelompok yang telah menyelesaikan program kerja dengan tepat waktu adalah kelompok 7 dengan Dosen Pendamping Lapangan dengan Ibu Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb dengan anggota diantaranya adalah Nanang Agus Prasetyo, Rahmahwati Halimah Nurfitriani, Eli Kardilla, Yasmin Cipta, Risdah Al-Audhah, Siti Nuranisa dan Tito Pramudya Perkasa.
Adapun Pedukuhan yang menjadi tempat kelompok 7 mengabdi adalah RW 14 Kradenan Dusun Dowangan, Banyuraden, Gamping, Sleman. Di dusun tersebut kelompok 7 membuat lima program kerja yang diimplementasikan minimal satu setiap minggunya diantaranya adalah:
Penyuluhan ini disambut dengan antusias oleh para ibu yang sedang melakukan Posyandu, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para ibu terkait perkembangan sang anak. Mulai dari susah makan atau Gerakan Tutup Mulut hingga kepada aktivitas anak yang dianggap berlebih oleh para ibu. Sehingga, dari kesadaran ini dapat disimpulkan bahwa program kerja yang diadakan oleh kelompok 7 mampu meningkatkan kesadaran para ibu untuk peduli terhadap perkembangan sang buah hati dalam mencegah stunting.
Adapun kegiatan KKN Tematik ini berakhir dan dilakukan penarikan pada hari Selasa, 12 Juli 2022 di Kelurahan Banyuraden Gamping. Melalui mahasiswa Unisa Yogyakarta peduli stunting diharapkan dapat mengambil peran dalam program pencegahan dan penanganan stunting di masyarakat. (Eli Kardilla)

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.






© SM 2021
© SM 2021
Login to your account below




Please enter your username or email address to reset your password.

source