ADVERTISEMENT
Kenapa besok tanggal merah? Besok tanggal merah atau tidak masih menjadi pertanyaan beberapa masyarakat. Untuk mengetahuinya, kalian perlu tahu bahwa besok hari peringatan apa melalui ulasan berikut ini.
Kenapa besok tanggal merah bisa kalian ketahui dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022. Lantas besok tanggal merah apa berdasarkan SKB 3 Menteri tersebut? Berikut jawabannya
Kenapa besok tanggal merah? Dikutip dari SKB 3 Menteri, besok tanggal 30 Juli 2022 masuk dalam daftar Hari Libur Nasional 2022. Besok tanggal merah karena besok adalah peringatan Tahun Baru Islam 1444 H.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Penetapan tersebut tertuang dalam keputusan bersama dari Menteri Agama (No. 375 Tahun 2022), Menteri Ketenagakerjaan (No. 1 Tahun 2022), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (No. 1 Tahun 2022). Berikut ini ketetapan SKB 3 Menteri tentang tanggal merah tahun 2022:
Cuti Bersama Tahun 2022:
Lalu bagaimana peringatan Tahun Baru Islam 1444 H? Simak di bawah ini.
Melalui SKB 3 Menteri itu, kenapa besok tanggal merah telah terjawab. Tanggal 30 Juli hari apa, dalam kalender hijriah merupakan hari pertama 1 Muharram.
Pemerintah sendiri menentuan awal bulan Muharram 1444 H jatuh pada Jumat malam tanggal 29 Juli sampai malam 30 Juli 2022. Peringatan Tahun Baru Islam tersebut penetapannya berbeda dengan Tahun Baru Masehi, sehingga 30 Juli hari apa dalam Kalender Islam merupakan awal tahun bagi umat Islam seluruh dunia.
Peringatan Tahun Baru Isalam didasarkan pada Kelender Islam yaitu Kalender Hijriah dengan menggunakan perhitungan sistem peredaran bulan atau qamariah. Dikutip dari situs resmi BMKG, penentuan awal bulan Hijriah sebagai Tahun Baru Islam 1444 H didasarkan pada keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi dan bumi bersama bulan dalam mengelilingi matahari.
Untuk penentuan awal bulan Muharram 1444 H, BMKG menyampaikan informasi prakiraan hilal (hasil hisab) saat matahari terbenam pada (17/7) silam. BMKG juga telah membagikan prakiraan hilal pada link berikut. Data-data tersebut dapat digunakan juga dalam pelaksanaan Rukyat (Observasi) hilal.
Oleh karena itu besok tanggal merah atau tidak, jawabannya tanggal merah Tahun Baru Islam 1444 H yang jatuh pada 30 Juli 2022. Namun, tanggal merah besok jatuh pada hari weekend.
Dalam peringatan Tahun Baru Islam 1444, kamu perlu tahu ada dua makna dalam peringatan ini antara lain:
1. Mengingat Peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW
Peringatan Tahun Baru Islam menandai suatu peristiwa penting yang terjadi dalam catatan sejarah Islam. Tahun Baru Islam mengingatkan umat muslim dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad.
Nabi Muhammad hijrah dari kota Makkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 masehi.
2. Pentingnya Kalender Hijriah Bagi Umat Islam
Tahun Baru Islam 1444 merupakan hari tahun baru bagi umat Islam. Hal itu didasari dari Kalender Hijriah yang merupakan pedoman bagi umat muslim seluruh dunia menetapkan segala aktivitas syariatnya.
Berdasarkan keyakinan umat Islam, Tahun Baru Islam 1444 atau Tahun Baru Hijriah merupakan penentuan penting untuk mengatur waktu ibadah, seperti bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.
Demikian informasi kenapa besok tanggal merah yang telah terjawab. Jangan salah lagi ya!

Simak juga ‘Lima Kebo Bule Dikarantina Jelang Kirab Malam 1 Suro’:

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source