Reporter : Rindi Suwito
Banyuwangi (beritajatim.com) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Glagah Banyuwangi memiliki inovasi baru mengubah part motor listrik. Motor tersebut diberi nama, motor SEMEGAH.
Motor listrik ini dikhususkan untuk siswanya yang berkebutuhan khusus atau difabel. Sehingga motor listrik yang sedianya beroda dua diubah menjadi roda tiga.
Hal ini menyesuaikan dengan kondisi siswa sehingga memudahkan untuk dikendarai.
Roda belakang motor diubah menjadi dua roda. Motor penggerak listrik yang semula berada di belakang dipindah ke depan.
Uniknya lagi, motor ini dulunya diciptakan hanya bisa digunakan untuk berjalan maju. Tapi, berkat tangan-tangan terampil para guru dan siswa SMK Negeri 1 Glagah, motor listrik ini bisa beroperasi maju dan mundur.
Wah, menarik bukan? Sehingga makin mudah bagi siapa saja yang mengoperasikannya. Rubahan lainnya ada pada dudukan.
Sadel atau tempat duduk yang dulunya single berukuran kecil, diubah single berukuran besar sehingga makin nyaman.
Inovasi baru ini awalnya hanya coba-coba. Eh ternyata justru makin banyak peminatnya. Hal ini membuat SMK Negeri 1 Glagah harus memutar otak untuk berusaha memenuhinya.
Alhasil, saat ini SMK Negeri 1 Glagah membuat dua unit bahkan lebih karena makin banyaknya pesanan. Selain itu, hasil inovasi ini juga dilirik oleh Dinas Sosial setempat karena dinilai cukup menarik untuk kalangan warga difable.
“Oleh karena itu, ini akan lebih memicu dan memacu tim kami, Pak Prapto dan kawan-kawan untuk memproduksi yang lebih besar lagi,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Glagah, Panuri, Jum’at (22/7/2022).
Tidak hanya itu, selain siap memproduksi dalam jumlah masal, nantinya SMKN 1 Glagah juga tetap memperhatikan kualitas. Termasuk dukungan pasar yang senantiasa menjadi acuan dan masukan demi keberlangsungan proses produksi.
“Ada beberapa orang yang telah memesan. Termasuk Ibu Camat siap memasarkan produk kami. Juga ada dari Dinas Sosial yang siap memesan, sesuai dengan jumlah layanan-layanan yang harus dilengkapi,” katanya.
Harapan besar, inovasi seperti ini dapat terus berlanjut dan sukses. Menambah karya-karya anak bangsa yang terus berkembang tak lekang oleh waktu. (rin/kun)
Beritajatim.com berkomitmen melawan berita bohong alias hoax.
Beritajatim.com adalah media online berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur.
Copyright © 2022 PT. BERITAJATIM CYBER MEDIA.
All Rights Reserved.

source