Breaking News
BENGKALIS (CAKAPLAH) -Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menggelar pertemuan dan workshop dengan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas se kabupaten Bengkalis. 
Berlangsung di Ballroom salah satu hotel di Bengkalis, pertemuan dan Workshop Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB), Fask Track Analisis SIHA 2.0 dan Sosialisasi SIHEPI Program Diare di lakukan selama 20-22 Juli 2022.
Pertemuan diinisiasi Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) tersebut diharapkan dapat menyatukan persepsi faskes dalam upaya pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit menular.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH mengatakan pencegahan terhadap penyakit menular merupakan suatu rangkaian kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan program lainnya. 
Hal ini, katanya, memerlukan strategi dan upaya pengendalian yang Komprehensif baik melalui upaya preventif, pro aktif dan edukasi. 
“Dalam upaya itu perlu di dukung dengan penyediaan data dan informasi yang tepat dan akurat di perbarui secara terus menerus,” sebutnya seperti disampaikan Plt Sekretaris Dinas Kesehatan, Hermanto SKM.
Kemudian, melalui pertemuan dan workshop itu, Hermanto menegaskan terwujud persamaan persepsi dalam rangka pencapaian indikator program di lakukan sebagaimana tertuang dalam permenkes 21 dan permenkes nomor 4 Tahun 2019.
“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran atas usaha yang telah kita lakukan serta masing-masing program dapat mengindentifikasi kendala, solusi, logistik, SDM, sumber dana dan mempersiapkan langkah konkrit tahun 2022 termasuk tahun 2023,” pungkasnya.
Disela-sela kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Plt Sekretaris Hermanto dan Kabid P2P Irawadi menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah RSUD dan UPT Puskesmas dalam capaian pelayanan pemeriksa HIV Aids pada ibu hamil 2021 dan capaian kesembuhan Tbc So tertinggi sesuai target nasional.

Penerima penghargaan dengan capaian pelayanan pemeriksa HIV Aids pada ibu hamil 2021:
1. RSUD Mandau, 2. RSUD Bengkalis, 3. PKM Sadar Jaya, 4. PKM Batu Panjang, 5. PKM Bengkalis.
Penerima penghargaan capaian kesembuhan dan pengobatan Tbc So tertinggi sesuai target nasional 2021.
1. UPT Puskesmas Selat Baru, 2. RSUD Mandau, 3. UPT Puskesmas Muara Basung, 4. UPT Puskesmas Pambang, 5. UPT Bengkalis, 6. UPT Puskesmas Pematang Duku, 7. UPT Puskesmas Sungai Pakning, 8. UPT Puskesmas Sadar Jaya, 9. UPT Puskesmas Duri Kota, 10. UPT Puskesmas Pematang Pudu, 11. UPT Puskesmas Sebangar, 12. UPT Puskesmas Teluk Lecah, 13. UPT Puskesmas Batu Panjang, 14. RSUD Bengkalis dan 15. Lapas Kelas IIA Bengkalis.***

source