Metropolis.id Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2022 untuk Puskesmas yang tersebar di Gayo Lues, hingga kini belum dicairkan.
Akibat belum terealisasinya anggaran itu, pelayanan terhadap masyarakat di sejumlah puskesmas terganggu dan tidak maksimal.
Kepada Dinas Kesehatan Gayo Lues, Riadussalihin, saat ditemui di ruang kerjanya membenarkan jika dana BOK tahun 2022 belum pernah cair sama sekali atau nihil.
“Iya benar, (belum cair) sudah tujuh bulan. Kalau untuk pelayanan terhadap masyarakat, saya rasa pasti sangat terdampak,” katanya, Jumat.
Penyebab belum cairnya dana BOK tersebut, Riadussalihin menyebutkan, karena Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) untuk Dinas Kesehatan belum dibuka oleh BPKD. Sehingga pihaknya belum dapat mengimput perubahan rincian kegiatan dan rekening.
Padahal, katanya, anggaran BOK tersebut sudah tertampung dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran atau DPA.
“Kita sudah menyampaikan kepada Keuangan Gayo Lues agar dibuka, namun secara lisan BPKD mengatakan mesti ada persetujuan dari DPR,” sebutnya.
“Jika SIPD dibuka dan kegiatan disesuaikan dengan juknis dari Kementrian kemudian dirubah di SIPD, maka BOK akan segera disalurkan,” pungkasnya.
© 2019-2022 METROPOLIS.ID, Powered by GampongIT.com.

source