Saturday, 24 Zulhijjah 1443 / 23 July 2022
Saturday, 24 Zulhijjah 1443 / 23 July 2022

Sabtu 23 Jul 2022 06:07 WIB
Rep: Bayu Adji/ Red: Muhammad Hafil
Cakupan Vaksinasi di Kota Tasikmalaya Terus Meningkat. Foto: Pelaksanaan vaksinasi untuk anak (ilustrasi)
REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA — Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melaporkan cakupan vaksinasi Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Kebijakan pemerintah pusat yang menjadikan vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai prasyarat perjalanan dalam negeri disebut menjadi pemicu meningkatnya cakupan vaksinasi.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, saat ini sasaran yang melaksanakan vaksinasi di daerah itu dalam satu hari mencapai 300-400 orang. Masyarakat rata-rata mau melaksanakan vaksinasi booster lantaran tak ingin melakukan swab antigen saat hendak berpergian ke luar kota.
“Karena banyak orang yang mau melakukan perjalanan yang perlu vaksinasi agar tidak dites swab,” kata dia kepada Republika, Jumat (22/7/2022).
Menurut dia, pihaknya akan terus konsisten membuka layanan vaksinasi, baik di puskesmas maupun di ruang publik. Namun, pelaksanaan vaksinasi di ruang publik masih akan dilakukan di pusat perbelanjaan Asia Plasa (AP).
Asep mengatakan, pihaknya belum berencana membuka gerai vaksinasi Covid-19 di ruang publik lainnya. Pasalnya, sejauh ini antusias masyarakat untuk vaksinasi lebih banyak di AP dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya.
“Kami juga akan menghadapi BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional). Jangan sampai target BIAN itu tidak terkejar, karena imunisasi anak itu juga penting,” kata dia.
Ia menambahkan, sementara ini Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tak membuat target terkait vaksinasi Covid-19. Meski begitu, pihaknya tetap akan memberikan layanan vaksinasi seperti biasa.
“Di puskesmas dan Asia Plasa akan rutin dilakukan setiap hari. Kami pertahankan layanan ini seoptimal mungkin sampai akhir tahun,” kata dia.
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya per 22 Juli 2022, cakupan vaksinasi dosis pertama telah mencapai 102,63 persen. Sementara cakupan vaksinasi dosis kedua mencapai 81,67 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster 37,84 persen.
 
 
 
 
Dapatkan Update Berita Republika
Subvarian Covid-19 Baru Lebih Mengkhawatirkan, Gejalanya Bisa Berbeda
Sudah Booster, Hipertensi Tetap Bisa Tingkatkan Risiko Parah Covid-19
Studi Ungkap Cara Virus Covid-19 Bisa Masuk ke Otak
Dokter Paparkan Ciri-Ciri Aktivitas Suami Istri yang Berkualitas
Olahraga Hanya Akhir Pekan, Apakah Efektif?
Bandung24jam

Pameran Inovasi Otomotif mencoba menyinergikan berbagai komponen masyarakat dari berbagai komunitas untuk sama-sama membangkitkan ekonomi yang sempat terdampak selama pandemi Covid-19.
Liga Indonesia

Persib Bandung akan bertemu dengan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti.
Kampus

Hasil seleksi diumumkan pukul 23.59 WIB.
Arena Olahraga

Thon Maker pertama kali datang ke Indonesia dan mengaku suka
Umum

Erick dinilai sebagai pemimpin yang sangat mengayomi masyarakat kecil.
3 PHOTO
3 PHOTO
3 PHOTO
3 PHOTO
4 PHOTO
Sabtu , 23 Jul 2022, 07:11 WIB
Sabtu , 23 Jul 2022, 11:47 WIB
Phone: 021 780 3747
Fax: 021 799 7903
Email:
newsroom@rol.republika.co.id (Redaksi)
sekretariat@republika.co.id (Redaksi)
marketing@republika.co.id (Marketing)
Copyright © 2018 republika.co.id, All right reserved

source