Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau
ADVERTISEMENT
Popularitas konten hiburan asal Korea Selatan kerap bikin warganet termehek-mehek. Tetapi, rupanya fakta berkata lain.

Drama Korea atau drakor kerap menyajikan kisah manis dan romantis. Pemerannya tampan dan cantik jelita.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Tetapi, jika disimak muncul sejumlah adegan yang menunjukkan sisi kelam kehidupan di Korea Selatan. Mulai dari durasi belajar anak usia sekolah demi mendapatkan universitas terbaik hingga kehidupan sosial yang kurang oke.
Masyarakat Korea Selatan terkenal sangat kompetitif. Namun, kompetisi di sini sudah masuk level yang menyiksa sampai-sampai siswa SD banyak yang mengikuti kursus tambahan usai sekolah yang berlangsung hingga pukul 10 malam. Tujuannya tak lain agar bisa masuk universitas bergengsi.
Kritikus mengatakan kompetisi sangat ketat untuk masuk ke universitas top Korea telah mendorong siswa melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, seperti memalsukan karya ilmiah. Sebab, untuk bisa diterima di universitas ternama, mereka dituntut memiliki prestasi akademik dan keterampilan yang sempurna.
Karena kondisi tersebut, bisnis yang menyediakan layanan konsultasi penerimaan perguruan tinggi berkembang pesat, menawarkan program yang dirancang untuk membantu klien masuk ke universitas bergengsi.
Jika Anda penikmat drama Korea, Anda mungkin pernah menonton serial Sky Castle yang tayang pada 2019 lalu. Sky Castle mengungkap bagaimana sisi gelap obsesi terhadap sekolah-sekolah elit yang menampilkan para wanita dari kalangan superkaya: istri politisi dan istri dokter. Tekanan sosial yang dibebankan pada siswa memaksa seorang anak perempuan berbohong bahwa dia berkuliah di Universitas Harvard selama satu tahun.
Budaya kompetitif yang menyiksa berlanjut sampai ke universitas dan dunia profesional. YouTuber Priscilla Lee, putri dari pasangan berdarah Korea yang kini tinggal di Indonesia, mengungkap bagaimana budaya kompetitif dan tekanan sosial membuat banyak masyarakat di Negeri Ginseng nyaris tak pernah istirahat.
“Saking kompetitifnya, istirahat pun kamu merasa bersalah. Aku selalu merasa begitu pas tinggal di Korea. Misal aku mau rebahan saja enggak enak sama diri sendiri, terbebani,” ujarnya, lewat video yang diunggah di kanal YouTube Priscilla Lee.
“Kesannya enggak normal kalau kamu enggak capek,” dia menambahkan.
Tekanan sosial yang tinggi menyebabkan banyak orang depresi. Di Korea, Anda akan sering mendengar berita siswa yang bunuh diri karena tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi.
Korea Selatan memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di antara negara-negara yang menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Dalam laporan yang disampaikan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan, angka kematian bunuh diri Korea, atau jumlah bunuh diri per 100.000 orang, adalah 24,7 pada 2018. Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibanding rata-rata tingkat bunuh diri negara OECD, yakni di level 11.
Para ahli mengatakan penyebab bunuh diri sangat kompleks, tidak hanya karena masalah kesehatan pribadi dan mental tetapi juga terkait dengan faktor ekonomi dan tekanan sosial. Fakta ini salah satunya terlihat dari laporan tentang sejumlah artis dan influencer Korea yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.
Kehidupan yang keras membuat banyak orang memutuskan untuk hidup sendiri, mereka enggak menikah dan punya anak.Pilihan hidup ini terpaksa diambil karena kehidupan ekonomi yang sulit. Banyak generasi muda mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan yang layak di tengah perlambatan ekonomi yang berkepanjangan.
Sebagai akibatnya, Korea Selatan menghadapi krisis populasi. Angka kelahiran bayi terus anjlok dari tahun ke tahun. Pada Februari 2022, jumlah rata-rata anak yang dikandung seorang wanita Korea Selatan dalam hidupnya mencapai titik terendah sepanjang masa, yakni hanya sebesar 0,81 tahun lalu, turun dari 0,84 tahun lalu. Ini menandai tahun keempat berturut-turut di mana tingkat kesuburan berada di bawah 1 persen.
***
Artikel ini juga tayang di CNBN Indonesia. Klik di sini.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source