Proyek tahun 2021 pembangunan gedung baru Puskesmas Desa Kutabuluh, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo yang berbiaya Rp4,9 miliar, hingga pekan kedua Februari tahun ini belum juga rampung. [mi/mawarita ginting]
Kabanjahe, Monitorindonesia.com – Proyek tahun anggaran 2021 pembangunan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Desa Kutabuluh, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo yang berbiaya Rp4,9 miliar hingga pekan kedua Februari tahun  ini belum juga rampung.
Pantauan pada Rabu (9/2/2022) pukul 19:00 WIB, proyek yang dikerjakan CV Karya Utama yang berkantor di Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, terlihat masih dalam pengerjaan oleh para tukang yang lembur.
Di lokasi pembangunan masih terlihat tumpukan material pasir, semen dan kerikil. Di bagian depan gedung belum 100 persen terpasang aluminum composite panel (ACP), sebagian telah terpasang dan masih terbungkus.
Sedangkan pada bagian lainnya, masih dalam tahap pengerjaan dinding beton. Belum ada pengerjaan finishing pengecatan. Sebagian pekerja melakukan pemasangan plafon dan terlihat rangka baja yang masih menganga di bagian belakang dan samping gedung.
Bahkan ada 2 bangunan yang terpisah dengan gedung utama telah selesai. Akan tetapi di dalam ruangannya telah tertutup air bercampur lumpur.
Saat wartawan di lokasi, seorang pria berperawakan tinggi besar melarang melarang awak media meliput kondisi terkini pembangunan puskesmas yang dananya menggunakan APBD Pemkab Karo tahun 2021 di pos anggaran Dinas Kesehatan.
“Jangan kalian liput-liput, aku pengawas di sini. Memangnya kalian siapa, kok berani-beraninya foto-foto,” ketusnya.
Bahkan bukan itu saja, seorang pekerja juga ikut menggertak dan mengusir para awak media dari dalam ruangan. “Keluar, jangan masuk kalian. Kita bicara di luar,” gertaknya.
Kepala Dinas Kesehatan Karo drg Irna Safrina selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) proyek, ketika dikonfirmasi soal keterlambatan pekerjaan, terkesan mengelak.
Begitu juga dengan pejabat pembuat komitmennya (PPK) dr Johanes Sitepu, ketika dikirim pesan singkat dan panggilan melalui nomor WhatsApp resminya, hingga Kamis (10/2/2022) tidak menjawab.
(Mawarita Ginting)
Menyampaikan informasi secara profesional, cepat, akurat dan indepanden. Membantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta serius terhadap peningkatan sumber daya manusia.
Follow Us
© 2022 – monitorindonesia.com
© 2022 – monitorindonesia.com

source