PT LIB menjadwalkan tim verifikasi akan mengecek kondisi stadion markas klub di Liga 1 mulai Juni ini. Salah satunya adalah Stadion Gelora BJ Habibie Parepare yang dipilih menjadi home base PSM Makassar.
“Belum ada tanggalnya (verifikasi ke Stadion Bj Habibie). Lagi disusun jadwalnya. Juni ini (diagendakan),” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada detikSulsel, Kamis (2/6/2022).
Terpisah, Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin juga mengaku belum mendapat pemberitahuan jadwal tim verifikasi datang ke Stadion Gelora BJ Habibie. Namun jeda waktu ini diharapkan dapat dijadikan kesempatan untuk terus membenahi kekurangan yang masih ada.
“Kita tinggal tunggu tim verifikasi dari liga akan datang melihat. Sembari itu kita berusaha terus membenahi hal-hal yang perlu dibenahi,” ungkapnya.
Jelang verifikasi yang kian dekat, Pemkot Parepare bersama Manajemen PSM mengebut pembenahan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. Terutama beberapa poin yang perlu jadi perhatian serius, mulai dari pencahayaan, bench pemain, tribune penonton, dan beberapa item lainnya.
Manajemen PSM Makassar mendatangkan 30 buah lampu untuk dipasang di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. Tambahan lampu ini dilakukan untuk memastikan pertandingan PSM bisa digelar malam hari.
Perbaikan di sektor pencahayaan ini pun menjadi fokus utama jelang pertandingan laga uji coba PSM Makassar melawan Sulut United pada Senin (6/6) nanti.
“Kami datangkan lampu Philips untuk penerangan kita yang akan main malam. Apalagi dukungan Pemkot Parepare luar biasa. Membuktikan mereka memang serius mau menjadi home base PSM Makassar,” ungkap Ketua Organizing Committe PSM Makassar Ali Gauli kepada wartawan Kamis (2/6).

Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang melakukan peninjauan ke Stadion Gelora BJ Habibie Kamis (6/5) bersama manajemen PSM mengaku tengah berupaya maksimal memenuhi semua kebutuhan jelang pertandingan uji coba dan verifikasi dari liga.
Taufan menyampaikan Stadion Gelora BJ Habibie telah memiliki 102 lampu untuk lighting. Lampu ini telah lama dipakai untuk pertandingan Wali Kota Cup sebelumnya.
“Kita dibantu back up Pak Aksa (PSM Makassar) tambahan 30 lampu lighting tadi. Pada intinya kami bersyukur dukungan dari Pak Aksa dan manajemen PSM,” bebernya.
Ketua DPD I Golkar Sulsel ini menegaskan, Stadion Gelora BJ Habibie selama ini sudah cukup bagus dan menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event besar. Namun karena dirinya ingin agar menjadi home base PSM Makassar, maka ia pun bertekad melengkapi fasilitas stadion secara bertahap.
“Kita mengarah menjadi home base, maka kami harus buktikan keseriusan untuk mewujudkan itu. Saya sudah berpesan ke Pak Kadis (Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare) untuk komunikasi kan terus apa yang harus kita benahi,” imbuhnya.

Bench pemain milik PSM Makassar didatangkan ke Stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bench ini akan dipakai untuk menyambut tim verifikasi dari liga.
“Iya, bench pemain itu kita pasang di Stadion Gelora BJ Habibie. Selain untuk laga PSM Makassar Vs Sulut United, seterusnya kita pasang di situ agar bisa lolos verifikasi nantinya,” ungkap Ketua Organizing Committe PSM, Ali Gauli kepada detikSulsel, Kamis (2/6).
Pria yang akrab disapa Ulli ini menekankan pemasangan bench pemain tersebut menjadi bentuk dukungan penuh PSM Makassar. Ia berharap Stadion Gelora BJ Habibie dapat lolos verifikasi sebagai markas PSM Makassar di Liga 1 2022/2023.
“Kita mau pasang untuk seterusnya (bench pemain). Kan kita mau dukung agar stadion Gelora BJ Habibie bisa jadi home base,” paparnya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi upaya Pemkot Parepare yang begitu responsif dan bergerak cepat membenahi Stadion Gelora BJ Habibie. PSM Makassar juga memberikan dukungan penuh dengan mendatangkan fasilitas milik PSM Makassar untuk dipasang.
“Dukungan Pemkot Parepare, terutama Pak Wali bagus sekali. Makanya kami juga bantu lengkapi kebutuhan stadion,” urainya.
Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare Amarun Agung Hamka menyadari bench pemain memang belum sesuai standar liga. Namun kata dia, akan segera diganti dengan model yang lebih nyaman.
“Iya, kita memang mau ganti bench pemain. Kita tidak gunakan yang lama yang ada saat ini di stadion,” kata Hamka kepada detikSulsel, Jumat (13/5).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjanjikan akan segera mendatangkan kursi single seat di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. Kursi single seat disiapkan untuk memenuhi salah satu standar menjadi markas PSM Makassar.
“Saya memang rencanakan dan sudah anggarkan untuk kursi single seat,” ungkap Taufan Pawe kepada wartawan Kamis (2/6).
Pengadaan kursi single seat di tribun tertutup Stadion Gelora BJ Habibie ini ia janjikan akan segera dipasang usai laga PSM Makassar vs Sulut United. Ini menjadi komitmen agar stadion memenuhi syarat menjadi home base PSM Makassar.
“Setelah turnamen (laga PSM Makassar vs Sulut United) kita insyaallah pasang,” tegasnya.

Ia memastikan Pemkot Parepare bergerak cepat untuk memenuhi semua kebutuhan jelang verifikasi dari PT LIB ke Stadion Gelora BJ Habibie. Semua hasil konsultasi dengan PSM Makassar pada dasarnya telah dilaksanakan secara maksimal.
“Kami berupaya semaksimal mungkin agar Stadion Gelora BJ Habibie ini dapat memenuhi standar menjadi home base PSM Makassar,” imbuhnya.
Soal target kapan proses renovasi akan selesai, sekaligus kesiapan stadion untuk memenuhi syarat untuk menjadi markas PSM, ia tak menyebut secara spesifik. Namun ia menegaskan Pemkot Parepare sedang berupaya optimal.
“Sementara dalam proses. Kita upayakan semua selesai dan siap untuk verifikasi,” jelasnya.
Saat ini, Pemkot Parepare dan Manajemen PSM Makassar telah menurunkan timnya bekerja dari pagi sampai malam untuk membenahi beberapa item kecil. Mulai dari mengecat seluruh area stadion, merawat rumput lapangan, dan memastikan seluruh area stadion bersih. (ata/hmw)

source