TRIBUNPALU.COM, SIGI – Pembangunan dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Kulawi dan Pipikoro Kabupaten Sigi hingga saat ini mangkrak.
Keduanya itu adalah Puskesmas Towulu di Kecamatan Kulawi dan Puskesmas Banasu Kecamatan Pipikoro.
Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menuturkan, penyelesaian Pembangunan Puskesmas Towulu dan Puskesmas Banasu akan dilanjutkan di tahun 2023 mendatang. 
“Untuk penyelesaian Puskesmas Towulu dan Banasu direncanakan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023,” ujar Bupati Sigi, Minggu (19/6/2022).
Ketua Partai Golkar Sigi itu menjelaskan, alasan penyelesaian kedua Puskesmas itu akan dilanjutkan tahun 2023 disebabkan tidak akan rampung pengerjaan jika dilakukan pada anggaran perubahan
“Ini mengingat apabila dilaksanakan pada perubahan anggaran tidak cukup waktu menyelesaikan secara rampung,” kata Irwan. 
Sebelumnya Dinas Kesehatan menjelaskan alasan pihaknya belum menyelesaikan pembangunan Puskesmas Towulu di Kecamatan Kulawi.
Kepala Dinas Kesehatan Sigi dr. Sofyan Mailili menuturkan, pengerjaan pembangunan Puskesmas Towulu sudah memasuki batas waktu.
Sehingga sampai batas waktu itu pengerjaan belum juga rampung dan Dinkes Sigi memutuskan kontrak dengan pemborong pada pembangunan Puskesmas di Kecamatan Kulawi itu.
“Karena memang sudah habis waktu dan kita putus kontrak karena tidak mungkin kita tambah tapi sudah diakhir tahun dan dananya juga sudah dicabut,” ujar dr Sofyan.

source