TRIBUNPAPUABARAT.COM, MANOKWARI – Puskesmas Amban menyediakan berbagai fasilitas kesehatan dan pelayanan kesehatan yang layak untuk masyarakat Manokwari. 
Kepala Puskesmas Amban, Joshua Kadam mengatakan, ada dua jenis pelayanan kesehatan yang tersedia. Seperti di dalam maupun di luar gedung. 
“Kalau di dalam gedung, masyarakat bisa melakukan pengobatan dan pelayanan administrasi,” ujarnya saat berbincang di ruang kerjanya, Jalan Manunggal, Kelurahan Amban, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (25/6/2022). 
Baca juga: Komunitas Skateboarding Manokwari Jadi Wadah Kembangkan Potensi Diri, Berikut Lokasi Latihannya
Baca juga: Perjalanan Karier Kepala Cabang PT Pelni Manokwari, Bermula dari Pekerja Harian Lepas
Dia menambahkan petugas puskesmas juga melakukan kegiatan pelayanan masyarakat di luar gedung. Seperti, melakukan Posyandu serta kunjungan ke rumah masyarakat. 
“Petugas turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi tentang pola hidup sehat sekaligus memberikan pengobatan,” katanya. 
Selain itu, kata dia, layanan promosi kesehatan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan masalah kesehatan. 
“Paling banyak itu, kita mengedukasi masyarakat tentang bagaimana berperilaku hidup sehat untuk mencegah penyakit,” ujarnya. 
Lewat pelayanan prima kepada masyarakat, ia berharap masyarakat bisa memahami dan melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit. 
“Harapan kami, masyarakat bisa memahami dan melakukan langkah-langkah pencegahan sebelum sakit,” ungkapnya. 
(Marvin Raubaba)

source