Yair Lapid Jadi PM Israel Sementara|Ryan Giggs Mundur Jadi Pelatih Timnas Wales|Harga Minyak Melemah karena Kekhawatiran Ekonomi Global
Senin, 20 Juni 2022 | 22:18 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR
Jakarta, Beritasatu.com – Ketua DPR Puan Maharani mengenang sang kakek, Soekarno atau Bung Karno yang telah meninggalkan bangsa Indonesia 52 tahun silam. Meski sudah lebih dari setengah abad berpulang, menurut Puan, Bung Karno tetap hidup dan bersemayam di hati sanubari rakyat Indonesia.
“Pada tanggal 21 Juni 1970, atau tepatnya 52 tahun yang lalu, Bung Karno telah pergi meninggalkan kita semua. Namun, setelah lebih dari setengah abad Bung Karno pergi meninggalkan kita semua, nama beliau tetap harum di tengah-tengah bangsanya dan juga di dunia internasional, meski di era sebelum saat ini, Bung Karno mengalami proses desoekarnoisasi yang amat terstruktur dan sistematis,” kata Puan di sela-sela doa bersama yang melibatkan seluruh unsur agama dan pengahat kepercayaan di kompleks Masjid At Taufiq, Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (20/6/2022) malam.
“Bagi saya, itulah ciri seorang pemimpin sejati, meski telah wafat dan nama baiknya berusaha untuk dihancurkan dan dilenyapkan, Bung Karno tetap hidup dan bersemayam di hati sanubari rakyatnya,” kata Puan.
Puan mengatakan nama Bung Karno tetap harum dan bersemayam di hati rakyatnya, karena begitu banyak jasa-jasa dan legacy bagi Indonesia dan dunia yang tidak mungkin dapat dilupakan.
Haul Bung Karno, DPP KNPI Ziarah ke Makam Bung Karno
Puan setidaknya saya mencatat ada enam dimensi Bung Karno. Pertama, Bung Karno sebagai pejuang-pemikir dan pemikir-pejuang yang telah berjasa berjuang dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Kedua, Bung Karno sebagai seorang ideolog bangsa yang telah menggali dan mengonseptualisasikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia merdeka. Ketiga, Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Keempat, Bung Karno sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia. Kelima, Bung Karno sebagai seorang pemimpin dunia yang berjasa memberikan inspirasi bagi bangsa-bangsa asia afrika untuk merebut kemerdekaan bangsanya sendiri melalui penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Bandung. Keenam, Bung Karno sebagai seorang pemikir dan pejuang Islam.
Dalam dimensinya sebagai seorang pemikir dan pejuang Islam, kata Puan, dapat dilihat dari jejak-jejak dan legacy yang ditinggalkannya, antara lain sebagai seorang kader dan Pimpinan Muhammadiyah pada masa itu.
Pilpres 2024, PDIP Tunggu Komando Megawati Soekarnoputri
“Bung Karno juga telah mendapatkan gelar Walliyul Amri Adharori Bi As Asyaukah dari Muktamar Nahdlatul Ulama tahun 1954 di Surabaya. Bung Karno juga pernah diberi gelar sebagai seorang ‘Pejuang dan Pendekar Islam’ oleh Konferensi Negara-Negara Asia Afrika pada tahun 1965,” kata perempuan pertama yang menjabat ketua DPR tersebut.
Di samping itu, kata Puan, Bung Karno juga telah berjasa atas ditemukannya makam Imam Bukhari, seorang perawi Nabi Muhammad SAW di Kota Samarkhan Uzbekistan, yang dulu masih menjadi bagian negara Uni Soviet.
“Bung Karno juga pernah berjasa menyelematkan Universitas Al Azhar Kairo Mesir dari rencana Presiden Mesir Gamal Abdul Nasser ketika pada waktu itu beliau berniat untuk membubarkan Universitas Islam tertua di dunia itu,” ujarnya.
“Bung Karno pula yang mengusulkan agar di Padang Arafah tempat ummat Islam menunaikan rukun haji di Arab Saudi ditanami pohon-pohonan yang rindang. Dan masih banyak lagi jasa-jasa dan legacy Bung Karno kepada agama Islam dan dunia Islam,” paparnya.
Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini
Sumber: BeritaSatu.com
Ukraina menyerang tiga anjungan pengeboran minyak di lepas pantai Krimea yang dicaplok Rusia.
BMKG mengeluarkan peringatan dini agar Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim) waspada hujan deras disertai angin kencang hari ini
BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi hingga 6 meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada Selasa dan Rabu ini.
Yair Lapid akan menjabat sebagai perdana menteri Israel sementara sampai pemilihan baru dapat diadakan.
Konferensi pers yang dilakukan Nikita Mirzani bersama polisi dipandang aneh dan tidak mencerminkan sikap persamaan di mata hukum.
Banjir di India mengakibatkan 26 orang lagi tewas. Banjir muson dan sambaran petir menjadi penyebab kematian, selain memicu jutaan orang telantar.
Cuaca hari ini Jakarta pada siang dan sore diperkirakan BMKG akan turun hujan  disertai kilat atau petir.
Seorang pencuri sepeda motor yang beraksi di Bekasi, tewas diitembak‎ polisi di daerah Karawang, Jawa Barat.
PT VADS Indonesia terus memberikan inovasi dan terobosan solusi terbaru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan pelanggan.
Niat Subadri Arifqi (37) untuk mendapatkan vaksinasi booster tidak terlaksana, lantaran salah data PeduliLindungi.
 
NEWSLETTER
 
NEWSLETTER

source