Tuesday, 22 Zulqaidah 1443 / 21 June 2022
Tuesday, 22 Zulqaidah 1443 / 21 June 2022

Senin 20 Jun 2022 22:55 WIB
Red: Nashih Nashrullah
Penopang keunggulan Al-Azhar Mesir (ilustrasi). Al-Azhar Mesir dan Indonesia akan salin menjalin kerja sama
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Delegasi Al-Azhar as-Syarif Mesir berkunjung ke Indonesia pada 20–26 Juni 2022 untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan beberpa lembaga pemerintah, organisasi-organisasi keagamaan, dan kemasyarakatan, serta institusi-institusi pendidikan Islam. Hal ini untuk mempererat tali persaudaraan.  
Delegasi Al-Azhar tersebut terdiri atas Prof Hassan Salah Sagir, Sekretaris Hay’ah Kibar Ulama (Dewan Ulama Senior) Al-Azhar, Prof Abdel Dayem Nosser, Penasihat Grand Syekh Al-Azhar Bidang Akademik, Mayjen (Purn) Osama Yassin, Wakil Ketua Pengurus Pusat Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA), dan Ahmed Fawzi, Direktur Kantor Cabang Luar Negeri OIAA Pusat. 
Dalam kunjungan ini, delegasi Al-Azhar tersebut direncanakan akan melakukan tiga kegiatan utama.  Pertama, melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Kementerian Agama RI, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dan Pengurus Pusat Muhammadiyah.  
Dalam pertemuan-pertemuan tersebut akan dibahas langkah-langkah bersama untuk mempererat hubungan Al-Azhar, khususnya dengan lembaga dan organisasi tersebut, memperkuat jaringan dan kerja sama dalam rangka penguatan moderasi beragama di dunia Islam, juga menjajaki kemungkinan-kemungkinan kerja sama dalam bidang pendidikan, sosial, dan dakwah. 
Al-Azhar memandang Indonesia sebagai negara Muslim terbesar yang telah mampu menunjukkan Islam sebagai agama yang menyatukan, toleran, moderat, dan demokratis.
Nilai-nilai toleransi yang mengakar di masyarakat Indonesia dipandang sejalan dengan misi besar Al-Azhar dalam menyebarkan pemahaman dan perilaku keagamaan yang moderat dan relevan dalam mewujudkan perdamaian dunia karena itulah Al-Azhar ingin mengenal lebih dalam Islam Indonesia melalui beberapa lembaga negara terkait, ormas -ormas seperti NU, Muhammadiyah, dan lainnya. 
Kedua, delegasi Al-Azhar juga akan menyaksikan peresmian Kampus Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) yang berada di bawah naungan OIAA Cabang Indonesia. Lembaga yang kampusnya akan diresmikan ini juga membawahi Markaz Al-Azhar Li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghayr an-Natiqin Biha Far’ Indonesia.
Lembaga ini merupakan cabang resmi dari lembaga yang sama, yang ditunjuk otoritas Al-Azhar untuk melakukan pendidikan Bahasa Arab pra-kuliah sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar. 
Menurut rencana, kampus yang berlokasi di Bekasi ini akan diresmikan oleh Wakil Presiden RI Prof  Ma’ruf Amin pada Rabu, 22 Juni 2022, dan dihadiri oleh Duta Besar Mesir di Jakarta, HE Mr Ashraf Sultan. 
Ketiga, delegasi Al-Azhar juga akan menjadi narasumber pada seminar internasional bertajuk “Peran Civil Society dalam Penguatan Moderasi Beragama”. Seminar ini merupakan kerja sama antara Sekolah Tinggi Agama Islam Attaqwa, Ma’had Aly Attaqwa KH Noer Aly, dan OIAA Indonesia. 
Selain itu, delegasi juga akan berkunjung ke beberapa pesantren dan lembaga pendidikan Islam untuk berbagi pengalaman maupun menjajaki kerja sama dengan Al-Azhar as-Syarif.   
Dapatkan Update Berita Republika
Bibers, Komandan Militer Muslim dari Chechnya
Hikmah Melaksanakan Akikah
Tradisi Minum Teh di Turki yang Melebur ke Arsitektur Masjid
Masjid Al-Ghamama, Tempat Terakhir Nabi Muhammad Melaksanakan Sholat Idul Fitri
4 Dampak Berbahaya Dengki Terhadap Individu dan Sosial Masyarakat
Teh Anget

Berikut ini akibat atau dampak apabila kita melakukan judi online atau game slot :
Agama Infografis

Israel mengklaim seluruh tempat, termasuk masjid di Yerussalem.
Hukum

KPK telah melakukan pencekalan terhadap dua orang terkait kasus dugaan korupsi itu.
Kurusetra

Mak Lampir tadinya putri berwajah cantik tetapi berubah menjadi buruk rupa setelah menghidupkan kembali kekasihnya yang mati.
Jateng Jatim

Tim telah mencari dari radius1-3 kilometer dari titik ditemukannya barang korban.
4 PHOTO
6 PHOTO
3 PHOTO
3 PHOTO
6 PHOTO
Selasa , 21 Jun 2022, 01:46 WIB
Senin , 20 Jun 2022, 22:32 WIB
Phone: 021 780 3747
Fax: 021 799 7903
Email:
newsroom@rol.republika.co.id (Redaksi)
sekretariat@republika.co.id (Redaksi)
marketing@republika.co.id (Marketing)
Copyright © 2018 republika.co.id, All right reserved

source