Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – DPD PDI Perjuangan Jabar gelar Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat di Kantor DPD PDIP Jabar, Sabtu (18/6/2022) sebagai upaya cegah stunting
Kegiatan ini ada sosialisasi terkait stunting ke ibu hamil, pasangan menikah, dan pasangan muda yang bakal mengakhiri masa lajang. Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, menyampaikan, kegiatan itu serentak digelar seluruh Indonesia, termasuk di 27 kabupaten/kota di Jabar.
“Kami gelar acara ini tujuannya ingin hasilkan kader bangsa yang berkualitas dan sehat guna mewujudkan Indonesia yang maju serta sejahtera. Apalagi kan Indonesia bakal hadapi bonus demografi di 2030,” ujarnya seraya menyebut jangan sampai bonus demografi justru menjadi masalah melainkan dapat menjadi potensi.
Dia mengatakan masalahan kesehatan menjadi perhatian penting bagi Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, terutama stunting. Katanya, angka stunting di Indonesia, termasuk Jabar masih cukup tinggi.
“Ini tugas kami pula sebagai parpol untuk ikut serta memberi pelayanan kesehatan prima terhadap masyarakat. Jadi, bukan hanya bicara masalah politik, tetapi setiap rapat partai bu Mega selalu suarakan bagaimana kadernya bicara terkait masalah kesehatan yang memang masuk dalam permasalahan rakyat,” ujarnya.
Baca juga: Megawati Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari SIA, Ono Surono: Bukti Persahabat Ibu dengan Korsel
Penanganan stunting di Jabar, Ono Surono menilai masih belum mencapai target. Hal itu tampak dari angka stunting yang masih tinggi, bahkan masih di atas rata-rata nasional, seperti yang terjadi di beberapa wilayah, di antaranya Cianjur, Tasikmalaya, Kuningan, dan Cirebon.
“Ya tidak menutup kemungkinan di kota-kota besar di Jawa Barat, stuntingnya masih tinggi, karena masih banyak juga masyarakat yang belum mengerti. Maka, kami terus menyosialisasikan mengenai stunting kepada masyarakat luas,” ucapnya.
Acara ini diikuti sekitar 200 peserta, Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristyanto, dan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Hasto Wardoyo, memberikan sambutan secara virtual. (*)

source