SINARJATENG.COM – Persoalan kesehatan terutama pada balita menjadi perhatian serius semua pihak. Terlebih dalam menekan bertambahnya kasus stunting atau gagal tumbuh pada anak balita.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang Syaiful Nur Hidayat meminta semua pihak untuk turut berkomitmen membantu penanganan stunting itu.
“Saat ini angka prevalensi kita 5,8 persen. Sampai awal tahun 2023 mendatang, targetnya di bawah angka itu,” jelas Syaiful pada acara rembug stunting pemangku kepentingan Kabupaten Semarang di Abimantrana Ballroom The Wujil, Bergas, Kamis 16 Juni 2022 siang.
Baca Juga: Jadwal Sholat Lima Waktu DKI Jakarta dan Sekitarnya pada Jumat 17 Juni 2022, Lengkap dengan Waktu Imsak
Ditegaskan oleh Syaiful, penanganan stunting tidak hanya mencakup pemenuhan gizi ibu hamil dan balita. Faktor lain, terutama penyiapan sanitasi lingkungan yang baik juga berperan penting. Karenanya, semua pemangku kepentingan dari berbagai sektor harus dilibatkan dalam tahapan penanganan.
Bupati Semarang Ngesti Nugraha, dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Basari mengatakan, komitmen yang digalang diharapkan dapat mendukung keberhasialan program penurunan angka stunting.
“Penanganan stunting harus dilakukan secara berkesinambungan. Komitmen yang telah diberikan, diharapkan dapat menjamin kelangsungan program yang terintegrasi. Sehingga, angka stunting dapat menurun,” katanya.
Baca Juga: 5 Risiko Menjalin Hubungan dengan Anak Bungsu Perempuan
Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Semarang Bambang Pujiyarto menjelaskan, ada 3.930 orang balita yang menderita stunting. Sebagian besar berada di Kecamatan Tengaran. Selain itu, tersebar di Kecamatan Banyubiru, Bergas, Pringapus, Sumowono, Pabelan, dan Bawen.
Editor: Miftah Rizzi
Jl. Tegalsari Barat V, Kec. Candisari
Kota Semarang – Jawa Tengah
Telepon : 085726800093
Email : pr.sinarjateng@gmail.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source