Seorang narapidana inisial SP di Lapas Kelas II A Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) ketahuan keluar Lapas menemui istrinya. Kalapas Parepare Zainuddin pun mengakui pihaknya kecolongan atas kejadian tersebut.
“Ini bentuk kelalaian petugas kami,” ujar Zainuddin saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Sabtu (25/6/2022).
Zainuddin kemudian menjelaskan duduk perkara SP bisa lolos keluar Lapas dan bertemu istrinya. Menurutnya, SP merupakan seorang napi asimilasi yang bisa beraktivitas di pekarangan Lapas.
Namun entah mengapa SP pergi meninggalkan lapas bersama salah seorang petugas Lapas. SP dan petugas awalnya hanya ingin memperbaiki printer yang rusak.
“SP ini sebenarnya dapat asimilasi. Dia bisa keluar di pekarangan Lapas, yang bersangkutan saat itu keluar bersama pengawal berboncengan hendak perbaiki printer,” katanya.
Namun entah mengapa pria SP justru pergi menemui istrinya dengan ditemani pegawai Lapas. Aksi SP kemudian terungkap karena SP terlibat cekcok dengan sang istri.
“Artinya membawa keluar (pergi perbaiki printer) dan tidak sadar dia membuat napi singgah,” kata Zainuddin.
Kendati demikian, SP yang merupakan napi asimilasi dikabarkan bakal bebas pada Juli mendatang. Belum diketahui apakah SP dan pegawai Lapas itu dihukum atas perbuatannya atau tidak.

source