TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Rembuk stunting yang berlangsung hari ini (20/6/2022) di Aula Bappeda Kota Jambi melibatkan semua sektor dan semua elemen baik TNI, Polri, BPOM, Kementerian Agama, BPJS Kesehatan, dan semua OPD Kota Jambi yang berhubungan dengan stunting.
Rembuk stunting telah berjalan dengan baik dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen.
Sebagai info tambahan stunting yakni kondisi gagal tumbuh pada anak balita atau bayi di bawah 5 tahun akibat dari kekurangan gizi kronis dan berlangsung lama sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan otak serta tumbuh kembang anak.
Wakil Walikota Jambi Maulana mengatakan pentingnya rembuk stunting ini yang melibatkan semua pihak.
Penyebab stunting multifaktorial dan semua terlibat di dalamnya.
“Penting kita melakukan rembuk stunting ini, misalnya yang berkaitan dengan penyediaan bahan pangan yang sehat ada Dinas Ketahanan Pangan dan BPOM, yang berkaitan dengan edukasi ada Puskesmas ada Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan, yang berkaitan dengan kawasan pemukiman memberantas kekumuhan menyiapkan fasilitas air bersih dan lain-lain,” ujarnya.
Maulana menyampaikan progam yang integratif ini harus dilakukan berdasarkan komitmen bersama yang telah ditandatangani atas kesepakatan bersama semua pihak.
Baca juga: Al Haris Kesal, Banyak OPD Belum Menjalankan Program Dumisake
Baca juga: 617 Sapi Terinfeksi PMK di Jambi, 250 Dinyatakan Sembuh
Dirinya berharap semua program dapat dijalankan dan stunting akan turun di Kota Jambi termasuk DPM PPA mengaktifkan kembali Posiandu dan lembaga-lembaga kegiatan masyarakat guna memantau dan memonitor anak-anak dalam masa pertumbuhan.
“Bahkan jauh lebih dari itu menyiapkan generasi sebelum perkawinan, bimbingan perkawinan dan lain lain. Oleh karena itu setelah penandatanganan komitmen tinggal realisasinya untuk program tahun 2022 dan seterusnya semuanya sudah berbasis data elektronik,” jelasnya.
Maulana berharap program penanggulangan stunting di kota Jambi bisa terlaksana dengan baik. (Tribunjambi.com/Fitri Amalia)
Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News
Baca juga: Ganjar Pranowo Menunggu Restu Megawati Jadi Calon Presiden, Pengamat Sarankan Ini
Baca juga: Nassar Gigit Jari! Desy Ratnasari Tegas Pilih Sosok Ini Ketimbang Duda Muzdalifah: Dia Handal
Baca juga: 11 Tahun Diburu Polisi Pembunuh Pedagang Ikan Pasar Angso Duo Akhirnya Berhasil Ditangkap

source