Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya hari ini telah dirilis oleh Bimas Islam Kemenag. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak informasi berikut ini terkait jadwal sholat Depok hari ini, jadwal sholat Bogor hari ini, jadwal sholat Tangerang hari ini, dan jadwal sholat Bekasi hari ini.
Jadwal salat penting diketahui oleh umat muslim agar bisa menjalankan ibadah salat fardhu dengan tepat waktu. Berikut informasi terkait jadwal sholat untuk wilayah Jabodetabek hari ini.
Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya hari ini dapat disimak melalui informasi berikut. Melansir dari situs resmi Bimas Islam Kemenag, berikut jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya.
Bagi yang berdomisili di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya, dapat simak informasi jadwal sholat hari ini sebagai berikut.
Batas waktu salat subuh adalah mulai dari terbit fajar hingga terbit matahari. Dalam Surah Al-Isra Ayat 78 Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk melaksanakan salat lima waktu, dimulai sejak matahari tergelincir sampai malam tiba, lalu dilanjutkan dengan salat subuh.
اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا – ٧٨
Artinya: “Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”
Salat fardhu ini dilaksanakan sesuai dengan waktunya masing-masing. Hal tersebut merujuk pada firman Allah SWT dalam Surah An-Nisa Ayat 103:
ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا – ١٠٣
Artinya: “Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”
Menurut Ustadz Fahrur Mu’is dalam bukunya Berkah Sholat Subuh Berjamaah, ketentuan ini bersandar pada hadits riwayat Muslim.
“Waktu sholat subuh adalah dari terbit fajar sampai terbit matahari.” (HR Muslim).
Imam Bukhari juga meriwayatkan, “Siapa yang mendapatkan satu rakaat sholat subuh sebelum terbit matahari, maka ia mendapati sholat subuh.”
Cara menentukan waktu salat subuh adalah dengan mempertimbangkan kondisi langit yang cerah dan bebas polusi cahaya. Waktu salat subuh ini ditentukan saat fajar pertama berwarna putih bukan kuning.
Waktu fajar di Indonesia lebih awal karena posisi atmosfer ekuator yang lebih tinggi. Saat terbit fajar ini umumnya azan subuh akan berkumandang. Sehingga, salat dapat dilaksanakan setelah mendengar azan hingga waktu terbitnya matahari.
Demikian informasi terkait jadwal sholat hari ini 21 Juni 2022 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Semoga bermanfaat.

Simak juga ‘Kiat Menjadi Pengusaha Muslim yang Amanah’:

[Gambas:Video 20detik]

source