Tidore, InfoPublik – Bangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kedi Kecamatan Loloda, Kabupaten Halahera Barat (Halbar), terlihat mubajir. Ini menyusul, bangunan Puskesmas yang dibangun sejak tahun 2020 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan menggunakan Proto Type Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga saat ini belum ada ijin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar untuk difungsikan, padahal bangunan tersebut sudah selesai dikerjakan dan sudah bisa dimanfaatkan. 
“Bangunan Puskesmas Kedi sudah selesai dikerjakan, tapi belum difungsikan, karena belum diresmikan oleh Pemkab Halbar,” ungkap Kepala Puskemas (Kapus) Kedi, Andris Almadjin di ruang kerjanya, Rabu (22/6/2022).
Andris berharap, pemkab secepatnya memberikan izin pakai bangunan agar segera diaktifkan, sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sudah bisa dilakukan di gedung Puskesmas yang baru.
“Harapnya gedung baru Puskesmas Kedi bisa segera difungsikan,  karena puskesmas yang lama sudah tidak layak pakai, karena gedungnya sudah banyak yang rusak belum lagi ruang pemeriksaan pasien juga terlalu sempit,” katanya.
Dikatakan Andris, masyarakat Kecamatan Loloda juga berharap sepenuhnya agar pelayanan kesehatan dilakukan di gedung yang baru karena sudah memenuhi syarat.
“Masyarakat Loloda berharap agar kita berikan pelayanan kesehatan di gedung yang baru, karena gedungnya memenuhi syarat. Untuk itu saya juga berharap Pemda dapat membijaki hal itu,” pungkasnya. (MC Tidore/Bur)
 
37 Kali

Copyright © 2018 InfoPublik. All rights reserved.

source