Palangka Raya, InfoPublik – Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal. Data terakhir menunjukkan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan.
Dampak dari penurunan cakupan tersebut terlihat dari adanya peningkatan jumlah kasus penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti Campak, Rubela, dan Difteri.
Dengan adanya program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ini diharapkan mampu menekan jumlah kasus penyakit-penyakit tersebut.
Kali ini program BIAN dilaksanakan di lokasi fokus (lokus) wilayah Kecamatan Pahandut bertempat di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Sekar Wangi, Jl. Kalimantan, Kota Palangka Raya.
Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Avina Fairid Naparin, mengatakan “Berdasarkan data target capaian imunisasi sudah 45 persen, namun ini belum selesai,” Senin (20/6/2022).
“Program BIAN ini dilaksanakan sampai Agustus, di Kota Palangka Raya sudah hampir semuanya melaksanakan BIAN tentu ini tercapai karena peran aktif dari pemerintah, masyarakat, dan kerjasama antar Puskesmas dengan kecamatan, kelurahan, kader PKK serta kader Posyandu,” ungkap Avina.
“Semoga dengan program BIAN ini kita sebagai masyarakat global mampu mencapai target global salah satunya Dunia Bebas Polio,” harap Avina. (MC. Isen Mulang/nur/wspd/toeb)
58 Kali

Copyright © 2018 InfoPublik. All rights reserved.

source